Paus Fransiskus dan Imam Besar Istiqlal Bakal Teken Deklarasi Bersama, Ini Bocorannya

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023
Sumber :
  • AP Photo/Gregorio Borgia

Jakarta, VIVA – Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Antonius Subianto Bunjamin mengatakan Paus Fransiskus dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar akan meneken sebuah deklarasi.

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

Deklarasi itu akan diteken ketika Paus Fransiskus berkunjung ke Masjid Istiqlal, Jakarta, pada 5 September 2024 mendatang.

Paus Fransiskus (Doc: Media Vatikan)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong
Kunjungi Singapura, Paus Fransiskus Serukan Gaji Layak untuk Para Pekerja Migran

Antonius menjelaskan deklarasi itu berjudul 'Deklarasi Bersama Istiqlal 2024 Meneguhkan Kerukunan Umat Beragama Untuk Kemanusiaan'.

"Isinya tidak saya bacakan. Masih rahasia. Itu judulnya saja," kata Antonius saat konferensi pers di Gedung KWI, Rabu, 28 Agustus 2024.

Momen Kunjungan Paus Fransiskus Makin Sempurna dengan Bantuan Teknologi AR

Dia juga menjelaskan ada dua poin besar dalam isi deklarasi itu menyangkut dehumanisasi dan lingkungan.

Ia mengatakan dehumanisasi terkait masih banyaknya eksploitasi manusia belakangan ini. Kemudian terkait lingkungan akan menyoroti soal banyaknya masalah kerusakan lingkungan.

"Lalu ada empat diungkap dalam deklarasi itu. Pendek deklarasinya," ucapnya.

Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo dan Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar (Doc: Natania Longdong)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Selain itu, Jonan mengatakan acara kunjungan Paus Fransiskus ke Masjid Istiqlal nantinya akan digelar di luar gedung Masjid Istiqlal. Ia mengatakan hal ini sekadar pengaturan acara supaya bisa nyaman.

"Jadi enggak ada sensitivitas lain. Ini biar awak media, biar background-nya terlihat Masjid Istiqlal. Kira-kira begitu," pungkas Jonan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya