30 Rabi Yahudi di Israel Ogah Danai Penggerebekan Masjid Al-Aqsa

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Kompleks Masjid Al-Aqsa
Sumber :
  • Middle East Monitor

Tel Aviv, VIVA – Sebanyak 30 rabi Israel yang mewakili gerakan Yahudi religius menentang keputusan Menteri Warisan Budaya Amichai Eliyahu untuk mendanai penggerebekan pemukim di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur, pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Lebanon Siaga Tinggi Jelang Serangan Besar Israel, 150 Rumah Sakit Disiapkan

"Kami sangat terkejut dengan laporan tentang niat Anda untuk mendanai dan mengelola wisata berpemandu di Temple Mount (Masjid Al-Aqsa), yang telah dilarang sama sekali bahkan untuk berdoa oleh Kepala Rabbi selama beberapa generasi," kata komunitas tersebut, dikutip dari ANews, Rabu, 28 Agustus 2024.

"Memasuki Temple Mount menimbulkan kekhawatiran tentang larangan keras dan penodaan terhadap Bait Suci dan kesuciannya, yang menurut kita lebih serius daripada semua pelanggaran lain yang disebutkan dalam Taurat," komunitas itu menambahkan.

Indonesia Urges Islamic Nations to Boycott Israeli-linked Products

Para petugas memadamkan kobaran api saat bentrokan antara pasukan keamanan Israel dan warga Palestina di kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur.

Photo :
  • ANTARA/Xinhua/Muammar Awad/aa.

Para rabi mengingatkan Eliyahu bahwa kakeknya, mantan kepala Rabbi Mordechai Eliyahu, termasuk di antara mereka yang melarang masuk ke kompleks tersebut.

Gedung Putih: Pembunuhan Aktivis Turki-Amerika oleh Israel Tindakan Keji

Mereka menekankan bahwa Temple Mount bukanlah tempat untuk permukiman atau tempat tinggal, juga bukan tempat untuk kunjungan dan tamasya.

Para rabi kemudian mengakhiri surat mereka dengan mengatakan, "Kami yakin Anda akan mengikuti jejak kakek Anda dan membatalkan rencana kementerian Anda untuk memulai wisata berpemandu di Temple Mount."

Para rabi senior di Israel mengklaim bahwa "Bait Suci" terletak di tempat Masjid Al-Aqsa sekarang berdiri, tetapi mereka melarang masuk ke area tersebut dengan alasan menjaga kesucian situs tersebut hingga Bait Suci dibangun kembali.

menteri keamanan nasional sayap kanan Israel, Itamar Ben-Gvir, mendatangi Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur.

Photo :
  • Sky.com

Pada hari Senin, 26 Agustus 2024, penyiar publik Israel KAN mengatakan Eliyahu akan mengalokasikan US$ 543.256 (Rp 8,4 miliar) untuk wisata berpemandu, yang diharapkan akan dilaksanakan dalam beberapa minggu mendatang.

Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir mengatakan kepada Radio Angkatan Darat Israel pada hari Senin bahwa dia ingin membuat kebijakan untuk mengizinkan orang Yahudi melakukan ibadah di dalam Masjid Al-Aqsa, dengan mencatat bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengetahui kebijakannya sebelum membentuk pemerintahan koalisi.

Pengumuman ini muncul meskipun Netanyahu berulang kali mengklaim akan mempertahankan status quo di Masjid Al-Aqsa.

Status quo di Al-Aqsa sudah ada sebelum Israel menduduki Yerusalem Timur pada tahun 1967, di mana Wakaf Islam Yerusalem, yang berafiliasi dengan Kementerian Wakaf Yordania, bertanggung jawab untuk mengelola urusan masjid.

Namun, pada tahun 2003, otoritas Israel mengubah status ini dengan mengizinkan para pemukim memasuki Masjid Al-Aqsa tanpa persetujuan dari Wakaf Islam, yang menuntut diakhirinya penyerbuan Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya