Ketegangan di Timur Tengah, Jenderal AS 'Tengok' Perbatasan Israel dengan Lebanon

VIVA Militer: Tank Tentara Israel Bersiaga Disepanjang Perbatasan Lebanon
Sumber :
  • Times of Israel

Tel Aviv, VIVA – Jenderal militer Amerika Serikat (AS), mengunjungi komando utara tentara Israel di dekat perbatasan dengan Lebanon, pada hari Senin, 26 Agustus 2024. Kunjungan dilakukan setelah satu hari tembakan lintas batas antara Hizbullah dan Israel, yang memungkinkan wilayah tersebut terperosok ke fase eskalasi baru.

Wow... Rekor Super Cepat, Setahun 4 Jenderal TNI Gonta-ganti Pegang Jabatan Top di Kostrad Ini

Sementara itu, Pentagon mengungkapkan rincian baru tentang bagaimana mereka membantu tentara Israel menanggapi ratusan rudal dan pesawat nirawak yang ditembakkan oleh kelompok militan Lebanon ke sasaran militer di utara serta pangkalan intelijen militer di dekat Tel Aviv.

VIVA Militer: Serangan drone Hizbullah ke wilayah utara Israel

Photo :
  • almanar.com.lb
Lebanon Siaga Tinggi Jelang Serangan Besar Israel, 150 Rumah Sakit Disiapkan

Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal CQ Brown bertemu dengan mitranya dari Israel dan menteri pertahanan Israel di Tel Aviv pada hari Senin untuk membahas serangan akhir pekan tersebut.

Pembicaraan mereka juga menyentuh perang selama berbulan-bulan di Gaza, dengan Brown menekankan perlunya meminimalkan korban sipil, memungkinkan bantuan kemanusiaan mencapai warga Palestina, dan mencegah konflik meluas.

4 Hari Muncul di Perairan RI, Kapal Selam Asing Berbobot 3000 Ton Akhirnya Pergi ke Lautan Lepas

Brown kemudian menerima pembaruan operasional, mengadakan pembicaraan dengan pejabat senior di militer Israel, dan mengunjungi markas komando utara tentara.

“AS terus berkoordinasi dengan Israel dan sekutu serta mitra lainnya mengenai cara-cara untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas regional, melindungi pasukan AS di Timur Tengah, dan mencegah konflik yang lebih luas,” kata Juru Bicara Staf Gabungan Kapten Jereal Dorsey, dikutip dari Alarabiya, Selasa, 27 Agustus 2024.

Seorang pejabat AS mengatakan bahwa kawasan itu berhasil terhindar dari proyektil militer.

Sebagai informasi, Hizbullah mengatakan bahwa pihaknya meluncurkan sekitar 340 roket dan pesawat nirawak serang ke berbagai sasaran di seluruh Israel. Hal ini sebagai tanggapan atas pembunuhan komandan militer tertinggi kelompok itu, Fuad Shukr, bulan lalu.

VIVA Militer: Serangan roket Katyusha milisi Hizbullah Lebanon

Photo :
  • ynetnews.com

Serangan itu, menurut Sekretaris Jenderal Hizbullah, Hassan Nasrallah, terdiri dari dua tahap. 

Dalam perkembangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, Nasrallah juga mengatakan bahwa pesawat nirawak juga diluncurkan dari Lembah Bekaa timur, lebih dekat ke perbatasan Suriah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya