Penangkapan Bos Telegram Picu Perdebatan Sengit di Rusia

Pendiri Telegram Pavel Durov.
Sumber :
  • Instagram/@durov

Moskow, VIVA – Penangkapan Pavel Durov, pendiri dan CEO aplikasi pesan terenkripsi Telegram, oleh penegak hukum Prancis pada Sabtu malam, 24 Agustus 2024, telah memicu perdebatan sengit di seluruh dunia, termasuk di media Rusia.

Megawati Melawat ke Rusia dan Uzbekistan: Beri Kuliah Umum-Terima Gelar Doktor Kehormatan

Sebagian besar liputan dan analisis di Rusia, negara tempat Durov lahir pada tahun 1984, memiliki kesamaan tertentu, seperti dampak penangkapannya terhadap "operasi militer khusus" Moskow di Ukraina.

Pendiri Telegram Pavel Durov.

Photo :
  • Instagram/@durov
16 Aplikasi untuk Tingkatkan Skill, Cari Kerja Jadi Mudah

Telegram banyak digunakan oleh tentara Rusia untuk komunikasi dan pertukaran informasi di Ukraina. Banyak pakar yang diwawancarai oleh surat kabar, saluran TV, dan stasiun radio Rusia khawatir bahwa penangkapan Durov dapat membahayakan informasi penting yang dikirim melalui aplikasi tersebut.

Selain konsekuensi militer dari badan intelijen Barat yang mendapatkan akses ke informasi ini, beberapa liputan, seperti oleh harian Nezavisimaya Gazeta, juga menyoroti bahwa data tersebut juga dapat dieksploitasi untuk tujuan politik, mengingat popularitas Telegram sebagai sumber berita dan di kalangan pejabat Rusia untuk komunikasi.

Rusia Usir 6 Diplomat Inggris atas Tuduhan Mata-Mata

Penangkapan CEO aplikasi tersebut juga telah mendorong seruan di Rusia agar pihak berwenang memfasilitasi pengembangan sistem pesan alternatif, terutama untuk tentara.

Durov ditahan di bandara Le Bourget di Paris saat tiba dari Azerbaijan. Media Prancis mengutip kurangnya moderasi di Telegram dan dugaan penolakan Durov untuk bekerja sama dengan penegak hukum sebagai alasan penangkapannya.

Paris juga menuduhnya terlibat dalam kejahatan yang dilakukan oleh pengguna Telegram, termasuk perdagangan narkoba, pelecehan anak, dan penipuan.

Basis pengguna Telegram di Eropa juga telah ditingkatkan oleh otoritas Uni Eropa.

Wakil presiden Komisi Eropa untuk nilai dan transparansi, Vera Zhurova, menuduh Rusia menggunakan platform tersebut untuk menyebarkan informasi yang salah, di antara orang-orang berbahasa Rusia di blok tersebut.

Dia juga mengklaim bahwa negara-negara Baltik, Polandia, dan Bulgaria termasuk yang paling rentan di antara negara-negara anggota yang terpapar informasi palsu.

Menurut data resmi platform tersebut, Telegram memiliki 41 juta pengguna per Februari 2024, tetapi jumlah pengguna sebenarnya diperkirakan jauh lebih tinggi.

Layanan dengan lebih dari 45 juta pengguna dianggap sebagai platform daring yang sangat besar menurut hukum Eropa dan harus mematuhi aturan yang lebih ketat berdasarkan Undang-Undang Layanan Digital UE.

Menurut para ahli yang diwawancarai oleh harian Rusia Vedomosti, penangkapan Durov tidak diragukan lagi akan memengaruhi masa depan pengirim pesan itu.

"Mungkin ada hal lain yang belum diungkapkan dalam penangkapan Durov, tetapi tuduhan resmi terhadapnya sah," kata Sergey Vodragin, mitra pengelola firma hukum Westside.

"Ini termasuk, di satu sisi, independensi Telegram dari otoritas negara dan, di sisi lain, tingkat regulasi internal yang tidak memadai. Ini tidak berarti bahwa tidak ada alasan lain untuk penangkapan itu, yang hanya diketahui oleh badan keamanan negara," sambungnya, dikutip dari Anadolu Ajansi, Selasa, 27 Agustus 2024.

Dmitry Drize, seorang komentator politik untuk harian Kommersant, mengatakan bahwa Durov ditahan setelah kembali dari Azerbaijan, negara Kaukasus Selatan yang saat ini berselisih dengan Prancis.

Menurut Drize, penangkapan Durov menyoroti masalah yang lebih luas tentang bagaimana menyeimbangkan keamanan dan kebebasan berbicara.

Ia menekankan bahwa otoritas Prancis dan Amerika ingin Durov menyediakan akses ke perangkat yang memungkinkan mereka mengendalikan aplikasi pengirim pesan.

"Jika Durov setuju, ini akan menjadi berita buruk bagi Rusia," ujar Drize.

Nezavisimaya Gazeta menggarisbawahi peran politik dalam penangkapan Durov, yang menunjukkan bahwa ini berarti sebagian besar nasib miliarder dan pengirim pesannya, yang jumlah penggunanya mendekati satu miliar, akan bergantung pada kesepakatan politik.

Pendiri Telegram Pavel Durov.

Photo :
  • Finance Magnates

Dalam wawancara dengan MK, pakar keamanan siber Andrey Masalovich menyoroti bahwa obrolan Telegram berisi sejumlah besar informasi strategis penting.

Ia mencatat bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Telegram secara konsisten mematuhi sanksi yang dijatuhkan kepada Rusia, yang menunjukkan bahwa Durov mungkin mulai bekerja sama dengan intelijen Barat.

Masalovich menekankan potensi bahaya bagi Rusia jika NATO menguasai aplikasi tersebut dan menyerukan pengembangan aplikasi pengirim pesan khusus untuk tujuan intelijen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya