AS Sengaja Bantu Israel Lacak Roket dan Drone Hizbullah

VIVA Militer: Latihan militer gabungan Israel dan Amerika Serikat (AS)
Sumber :
  • israeldefense.co.il

Tel Aviv, VIVA – Militer Amerika Serikat (AS), diduga membantu Israel dalam melacak rentetan roket dan pesawat nirawak yang diluncurkan oleh Hizbullah terhadap Israel. Hal itu disampaikan oleh seorang pejabat AS kepada Al Arabiya English, pada hari Minggu, 25 Agustus 2024.

Lebanon Siaga Tinggi Jelang Serangan Besar Israel, 150 Rumah Sakit Disiapkan

"(Tapi) AS tidak memainkan peran apa pun dalam serangan Israel di Lebanon atau penembakan jatuh pesawat nirawak dan roket Hizbullah," pejabat itu menambahkan, dikutip dari Alarabiya, Senin, 26 Agustus 2024.

VIVA Militer: Serangan drone Hizbullah ke wilayah utara Israel

Photo :
  • almanar.com.lb
Indonesia Urges Islamic Nations to Boycott Israeli-linked Products

Diberitakan sebelumnya, Hizbullah yang didukung Iran meluncurkan ratusan roket dan pesawat nirawak ke Israel pada Minggu pagi.

Di sisi lain, militer Israel mengatakan pihaknya menyerang Lebanon dengan sekitar 100 jet untuk menggagalkan serangan yang lebih besar, dalam salah satu bentrokan terbesar dalam lebih dari 10 bulan perang perbatasan.

Gedung Putih: Pembunuhan Aktivis Turki-Amerika oleh Israel Tindakan Keji

Tiga kematian dikonfirmasi di Lebanon dan satu di Israel, di mana kerusakan tampaknya terbatas.

Hizbullah mengindikasikan pihaknya belum merencanakan serangan lebih lanjut. Sementara menteri luar negeri Israel mengatakan negara itu tidak menginginkan perang skala penuh.

Kelompok Lebanon mengatakan telah menembakkan 320 roket Katyusha ke Israel dan mengenai 11 target militer, sebagai tahap pertama pembalasan atas pembunuhan Komandan Hizbullah, Shukr oleh Israel.

VIVA Militer: Serangan roket Katyusha milisi Hizbullah Lebanon

Photo :
  • ynetnews.com

Namun, militer Israel mengatakan telah menggagalkan serangan yang jauh lebih besar dengan serangan udara pendahuluan setelah menilai bahwa Hizbullah sedang bersiap untuk meluncurkan rentetan serangan, dengan menggunakan 100 jet untuk menyerang lebih dari 40 lokasi peluncuran Hizbullah di Lebanon selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya