Resmi Jadi Capres, Kamala Harris Janjikan Ini ke Warga AS

Wakil Presiden AS Kamala Harris (Doc: The New Arab)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Washington, VIVA – Calon presiden (capres) yang diusung oleh Partai Demokrat, Kamala Harris, mengajak warga Amerika Serikat (AS) untuk menolak perpecahan politik dan sebagai gantinya memetakan jalan baru ke depan.

Observers Says Kamala Harris Dominated Trump in Presidential Debate

Naik ke panggung dengan diiringi tepuk tangan meriah, Harris menutup Konvensi Nasional Demokrat di Chicago, United Center.

Harris juga menceritaka kisah pribadinya dan latar belakangnya sebagai jaksa, yang membuatnya memiliki kualifikasi unik untuk melindungi kepentingan warga Amerika dari mantan presiden Donald Trump, yang ia anggap hanya memikirkan kepentingannya sendiri.

Usai Debat Panas, Trump-Harris Terlihat Jabat Tangan di Acara Peringatan 11/9

"Dengan pemilihan ini, negara kita memiliki kesempatan yang berharga dan singkat untuk melupakan kepahitan, sinisme, dan pertempuran yang memecah belah di masa lalu," kata Harris, dikutip dari NBC, Jumat, 23 Agustus 2024.

"Kesempatan untuk memetakan jalan baru ke depan. Bukan sebagai anggota partai atau faksi mana pun, tetapi sebagai warga Amerika."

Kamala Harris Kecam Pembunuhan Aktivis Turki-Amerika oleh Tentara Israel

Arsip - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris menghadiri KTT ASEAN-Amerika Serikat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu, 6 September 2023.

Photo :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

Diketahui, Harris merupakan seorang putri dari imigran Jamaika dan India. Dia menjadi wanita kulit hitam pertama dan orang keturunan Asia Selatan yang menerima nominasi presiden dari partai besar, dan dia akan menjadi presiden wanita pertama jika terpilih.

“Amerika, jalan yang membawa saya ke sini dalam beberapa minggu terakhir tidak diragukan lagi (dan) tidak terduga,” ungkap Harris.

“Tetapi saya tidak asing dengan perjalanan yang tidak mungkin.”

Selain menceritakan latar belakang dan visi misinya, Harris juga berjanji untuk membela aliansi dan akses aborsi.

Menyampaikan pernyataannya yang paling mendalam tentang keamanan nasional sejak menjadi kandidat presiden, Harris berjanji untuk memperkuat hubungan AS dengan sekutu NATO dan mengatakan negara itu harus terus mendukung Ukraina dalam perangnya dengan Rusia.

Sementara Trump dan calon wakil presiden JD Vance telah berulang kali mempertanyakan dukungan AS untuk Ukraina.

“Saya tidak akan pernah goyah dalam membela keamanan dan cita-cita Amerika, karena dalam perjuangan abadi antara demokrasi dan tirani, saya tahu di mana saya berdiri dan saya tahu di mana Amerika Serikat berada,” ujarnya.

Wakil presiden itu juga berjanji untuk bekerja menuju diakhirinya perang Israel melawan Hamas yang dapat menstabilkan seluruh wilayah, sementara tidak ragu untuk melindungi pasukan AS dari agresi Iran dan musuh lainnya.

Sementara itu, dia berjanji untuk selalu membela hak Israel, dan untuk membela diri setelah serangan Hamas pada 7 Oktober. Harris juga mendorong pembebasan para sandera dan penerapan kesepakatan gencatan senjata, dia pun menyoroti penderitaan warga sipil Palestina.

"Apa yang terjadi di Gaza dalam 10 bulan terakhir sangat menghancurkan, begitu banyak nyawa tak berdosa hilang," ucap Harris.

Wapres AS Kamala Harris Diinterupsi Saat Pidato Soal Gaza (Doc: X)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

"Orang-orang yang putus asa dan lapar terus-menerus melarikan diri ke tempat yang aman. Skala penderitaan itu memilukan."

Sebagai capres dari Partai Demokrat, Harris berjanji untuk memulihkan akses aborsi secara nasional setelah Mahkamah Agung membatalkan Roe v. Wade.

Harris pun mengecam Trump dan Partai Republik yang telah memungkinkan larangan aborsi di puluhan negara bagian dan telah berusaha untuk melangkah lebih jauh.

"Mereka sudah gila," kata Harris.

Harris telah menghadapi pengawasan ketat selama sebulan sejak ia menggantikan Biden, karena menghindari kebijakan spesifik.

Ia pun menawarkan janji-janji luas dalam serangkaian bidang kebijakan utama, mulai dari memperluas hak suara hingga menurunkan biaya perumahan, meloloskan pemotongan pajak kelas menengah, dan memperkuat keamanan perbatasan.

Harris juga menekankan latar belakangnya dalam penegakan hukum, termasuk waktu dirinya masih menjadi jaksa wilayah San Francisco dan jaksa agung California. Ia kemudian terpilih menjadi Senat AS dan mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Demokrat pada tahun 2020.

Kampanyenya gagal tahun itu sebelum satu pun suara pemilihan pendahuluan diberikan, tetapi Biden memilihnya sebagai calon wakil presiden, dan melambungkannya ke panggung nasional.

Meskipun Harris awalnya berjuang untuk menemukan pijakannya sebagai wakil presiden, reputasinya tumbuh ketika ia menjadi advokat utama pemerintahan untuk hak aborsi setelah Mahkamah Agung AS membatalkan Roe v. Wade.

Partai Demokrat memanfaatkan kemarahan atas keputusan untuk membendung kekalahan mereka dalam pemilihan paruh waktu terakhir.

Ketika Biden tersandung dalam debatnya dengan Trump pada bulan Juni, Harris juga membelanya sampai ia memutuskan untuk keluar dari Pemilu. Dengan bantuan dukungannya, ia dengan cepat menyatukan Partai Demokrat di belakang pencalonannya, mengatur ulang perlombaan presiden yang tampaknya akan dimenangkan Trump.

Berbicara kepada para pendukung setelah sambutannya, Harris menyampaikan nada percaya diri, dan mendorong mereka untuk terus berkampanye.

"Malam ini, berpestalah, selama 75 hari ke depan kita memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan," katanya. "Kita akan memenangkan ini," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya