Biden Telepon Netanyahu, Tekankan Pentingnya Gencatan Senjata di Gaza

Presiden AS Joe Biden
Sumber :
  • X/Globe Eye News

California, VIVA – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, menelepon Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu pada Rabu 21 Agustus 2024. Dikutip dari Reuters, Gedung Putih mengungkapkan bahwa Biden mendesak Netanyahu untuk menyelesaikan kesepakatan gencatan senjata di Gaza, dan menyebut pembicaraan di Kairo nanti menjadi pertemuan yang penting.

Fadli Zon Serukan Negara-Negara Islam Boikot Produk yang Terafiliasi Israel

Seruan mereka menyusul perjalanan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke Timur Tengah yang berakhir pada Selasa tanpa kesepakatan antara Israel dan militan Hamas mengenai gencatan senjata di daerah kantong Palestina.

VIVA Militer: Tank tempur militer Israel di Jalur Gaza, Palestina

Photo :
  • npr.org
Pemukim Ilegal Israel Bakar Kebun Zaitun dan Properti Milik Warga Palestina

Para perunding yang telah berjuang selama berbulan-bulan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata, berencana bertemu dalam beberapa hari mendatang di Kairo.

"Presiden menekankan pentingnya mengakhiri gencatan senjata dan kesepakatan pembebasan sandera dan membahas pembicaraan yang akan datang di Kairo untuk menghilangkan hambatan yang masih ada," kata pernyataan Gedung Putih mengenai pembicaraan tersebut.

Pemukim Ilegal Israel bakar Kebun Zaitun Milik Warga Palestina

Pernyataan itu mengatakan Biden dan Netanyahu juga membahas upaya AS untuk mendukung Israel "Melawan semua ancaman dari Iran, termasuk kelompok teroris proksi Hamas, Hizbullah, dan Houthi, termasuk pengerahan pertahanan militer AS yang sedang berlangsung."

Iran telah bersumpah akan membalas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada 31 Juli, yang mana Iran menyalahkan Israel. Israel tidak mengkonfirmasi atau menyangkal bahwa mereka berada di balik pembunuhan tersebut.

Amerika Serikat telah memerintahkan kapal selam berpeluru kendali dikerahkan ke Timur Tengah dan memerintahkan kelompok penyerang Abraham Lincoln untuk mempercepat penempatannya ke wilayah tersebut untuk memperkuat pertahanan Israel.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken menjawab pertanyaan wartawan menjelang keberangkatannya ke Israel dan Yordania di Pangkalan Angkatan Udara Gabungan Andrews di Camp Springs, Maryland, 11 Oktober 2023.

Photo :
  • ANTARA

Blinken dan para mediator dari Mesir dan Qatar menaruh harapan mereka pada “proposal penghubung” AS yang bertujuan untuk mempersempit kesenjangan antara kedua belah pihak dalam perang Gaza yang telah berlangsung selama 10 bulan.

“Presiden Biden berbicara dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dari Israel untuk membahas gencatan senjata dan kesepakatan pembebasan sandera serta upaya diplomatik untuk meredakan ketegangan regional,” demikian pernyataan Gedung Putih sebelumnya.

Wakil Presiden Kamala Harris, yang pada hari Kamis di Chicago akan secara resmi menerima pencalonan sebagai calon presiden dari Partai Demokrat untuk pemilu 5 November, juga ikut serta dalam seruan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya