Arab Saudi Bebaskan 2 Warga Iran yang Terjerat Kasus Hukum saat Ibadah Haji

Bendera Arab Saudi.
Sumber :
  • Ist

Riyadh, VIVA – Pihak berwenang Arab Saudi telah mengumumkan pembebasan dua jemaah haji Iran yang ditahan selama musim haji tahun ini. Keputusan tersebut diambil setelah upaya diplomatik antara Teheran dan Riyadh yang bertujuan untuk meredakan ketegangan dan meningkatkan hubungan bilateral.

Arab Saudi Jadi Negara yang Paling Aman Dalam Kesejahteraan dan Pendidikan Anak-anak

Kedua jemaah haji, yang identitasnya belum diungkapkan, dilaporkan ditahan awal bulan ini atas tuduhan yang belum diumumkan ke publik. Penahanan tersebut telah memicu kekhawatiran di Iran, yang menyebabkan munculnya seruan agar mereka segera dibebaskan.

Ilustrasi gambar : Hukum

Photo :
  • vstory
Ledakan Hantam Bandara Internasional Baghdad, Sehari Jelang Kedatangan Presiden Iran

Kementerian Luar Negeri Iran mengonfirmasi bahwa negosiasi telah berlangsung dan kesepakatan telah dicapai untuk pembebasan para jemaah haji.

"Kami telah berkomunikasi terus-menerus dengan pejabat Saudi, dan kami senang mengumumkan bahwa kedua warga negara Iran tersebut akan segera kembali ke rumah," kata juru bicara Kementerian, dikutip dari Middle East Monitor, Rabu, 21 Agustus 2024.

Jokowi Kembali Pamitan ke Warga Pakai Megafon di Pasar Deli Serdang

Perkembangan ini dipandang sebagai langkah positif dalam upaya rekonsiliasi yang sedang berlangsung antara kedua kekuatan regional tersebut, yang melanjutkan hubungan diplomatik awal tahun ini setelah jeda selama tujuh tahun.

Pembebasan tersebut diharapkan akan berlangsung dalam beberapa hari mendatang, dengan pengaturan yang sudah dilakukan untuk kepulangan para jemaah haji ke Iran dengan selamat.

Ibadah haji, salah satu dari lima rukun Islam, menarik jutaan umat Muslim dari seluruh dunia ke kota-kota suci Mekkah dan Madinah setiap tahun.

Meskipun acara tersebut pada umumnya berlangsung damai, masuknya jemaah haji dalam jumlah besar terkadang menimbulkan tantangan logistik dan diplomatik.

Pembebasan kedua jemaah haji Iran tersebut kemungkinan akan dipandang sebagai isyarat niat baik oleh Arab Saudi, yang semakin mempererat hubungan kedua negara baru-baru ini.

Arab Saudi dan Iran Berbaikan

Photo :
  • The Guardian

Kedua negara juga telah menyatakan komitmen untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan warga negara mereka selama acara keagamaan seperti haji.

Para pejabat di Teheran pun telah menyatakan harapan bahwa insiden ini akan menjadi dasar bagi kerja sama dan dialog yang berkelanjutan antara kedua negara di masa mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya