Momen Haru Joe Biden Menangis saat Pidato Perpisahan Konvensi Capres Demokrat

Presiden AS Joe Biden berpidato sangat emosional di momen perpisahan
Sumber :
  • PBS

Washington, VIVA – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, secara emosional menyerahkan tongkat estafet kepada calon presiden Partai Demokrat, Kamala Harris, pada Senin, 19 Agustus 2024.

Perang China, Amerika Siagakan Pasukan Elite Pembunuh Osama bin Laden

Dengan memeluk Harris, presiden AS itu mengatakan bahwa ia telah memberikan segalanya untuk Amerika. Ini merupakan pidato perpisahan yang menyentuh hati di konvensi Partai Demokrat di Chicago.

"Amerika, Amerika, saya telah memberikan yang terbaik untuk kalian," kata Biden, mengutip himne patriotik selama pidato hampir satu jam yang membahas prestasinya.

DPR Usul Pemerintah Tiru AS Atasi Kasus Kekerasan pada Anak dengan Layanan CPS

Dalam pidato itu juga Biden mendesak para pemilih untuk mendukung wakil presidennya melawan Donald Trump pada bulan November.

Harris bergabung dengannya di panggung setelah pidato dan keduanya berpelukan, sementara khalayak menyambut Biden dengan meriah setelah keputusannya, yang mengejutkan kurang dari sebulan lalu untuk keluar dari pemilihan presiden 2024.

Observers Says Kamala Harris Dominated Trump in Presidential Debate

Joe Biden and Kamala Harris.

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Dalam perubahan yang luar biasa, Harris telah menghidupkan kembali Partai Demokrat dan menyingkirkan pesaingnya dari Partai Republik, Donald Trump. Dalam jajak pendapat, Biden bersikeras bahwa dia tidak merasa kesal karena mengundurkan diri.

Sebaliknya, saat dia merenungkan akhir yang akan segera terjadi dari karier politiknya selama lima dekade, dia mengatakan bahwa dia telah melakukan apa yang menurutnya terbaik untuk memastikan bahwa musuh bebuyutannya, Trump, tidak kembali menjabat sebagai presiden AS.

"Saya mencintai pekerjaan ini, tetapi saya lebih mencintai negara saya. Saya lebih mencintai negara saya," ucap Biden, dikutip dari The Sundaily, Selasa, 20 Agustus 2024.

"Dan semua pembicaraan tentang betapa saya marah pada semua orang yang mengatakan saya harus mundur, itu tidak benar."

Baik Biden maupun Harris tampak menyeka air mata saat pemimpin AS itu mendapat tepuk tangan meriah selama empat menit saat pertama kali naik ke panggung, setelah diperkenalkan oleh Ibu Negara Jill Biden dan putrinya Ashley.

Beberapa anggota audiens juga meneteskan air mata saat Biden menyampaikan pidato perpisahannya, sebelum meninggalkan panggung diiringi alunan lagu "Higher Love."

"Saya ingin memulai dengan merayakan presiden kita yang luar biasa Joe Biden," kata Harris, yang mengenakan setelan cokelat dan naik ke panggung dengan lagu "Freedom" milik Beyonce.

"Kami selamanya berterima kasih kepada Anda."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya