Pemerintah Rusia Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan RI Ke-79

Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow
Sumber :
  • Kremlin.ru

Jakarta, VIVA – Pemerintah Moskow melalui Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Sergei Tolchenov, menyampaikan selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Megawati Melawat ke Rusia dan Uzbekistan: Beri Kuliah Umum-Terima Gelar Doktor Kehormatan

"Atas nama Kedutaan Besar Federasi Rusia di Republik Indonesia dan atas nama saya sendiri, saya ingin menyampaikan ucapan selamat yang tulus atas Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79," kata Dubes Sergei melalui keterangan tertulisnya.

Sergei menekankan, hubungan antara Rusia dan Indonesia secara tradisional bersifat bersahabat dan konstruktif.

Rusia Usir 6 Diplomat Inggris atas Tuduhan Mata-Mata

"Saya yakin bahwa melalui upaya bersama kita, kita memastikan kerja sama bilateral yang lebih produktif di berbagai arah serta kemitraan dalam urusan internasional," ujarnya.

Presiden Rusia Vladimir Putin (Doc: The Sundaily)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong
Jiplak Rezim Nazi Hitler, Militer Ukraina Bangun Kamp Konsentrasi di Rusia

Dia juga berharap masa depan membawa kebahagiaan dan kesejahteraan bagi semua warga negara Indonesia, serta memperkuat persahabatan dan saling pengertian antara masyarakat kedua negara.

"Dirgahayu Republik Indonesia!"

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden juga sempat mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79.

"Atas nama Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia atas Hari Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Joe Biden melalui keterangan tertulisnya.

Seiring dengan perayaan 75 tahun hubungan bilateral AS dan Indonesia, Biden menekankan untuk tetap bersatu dalam tujuan yang sama, yakni memajukan demokrasi, menghormati supremasi hukum, dan persahabatan antar masyarakat kedua negara.

Joe Biden di acara debat kandidat capres AS 2024

Photo :
  • AP Photo/Gerald Herbert

Menandai babak baru yang bersejarah dalam hubungan bilateral kedua negara, Presiden Jokowi dan Presiden Biden meningkatkan hubungan AS-Indonesia menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif pada bulan November lalu.

Selain itu, Biden juga memberikan selamat kepada presiden terpilih Prabowo Subianto, dalam Pemilu 2024.

"Saya mengucapkan selamat kepada Menteri Prabowo Subianto atas terpilihnya beliau sebagai presiden selanjutnya dan berharap dapat bekerja sama untuk memperluas kerja sama dalam berbagai isu yang menjadi perhatian bersama, termasuk membina perdamaian dan keamanan di Indo-Pasifik, mengatasi krisis iklim dan transisi energi bersih, mendorong pembangunan berkelanjutan, menegakkan perlindungan hak asasi manusia, dan memajukan transformasi digital Indonesia," tutup Biden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya