Laporan Politico, MBS Setuju Normalisasi Hubungan dengan Israel Meski Bertaruh Nyawa

Putera Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman
Sumber :
  • Middle East Eye

Riyadh, VIVA – Penguasa de facto Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS), tahu banyak tentang pembunuhan. Akhir-akhir ini, ia memberi tahu anggota parlemen AS bahwa ia berisiko mengalami pembunuhan.

Lebanon Siaga Tinggi Jelang Serangan Besar Israel, 150 Rumah Sakit Disiapkan

Raja Saudi itu telah mengatakan kepada anggota Kongres bahwa ia membahayakan nyawanya dengan mengejar kesepakatan besar dengan AS dan Israel yang mencakup normalisasi hubungan Saudi-Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman

Photo :
  • www.aljazeera.com
Indonesia Urges Islamic Nations to Boycott Israeli-linked Products

Setidaknya, pada satu kesempatan, ia telah menyinggung Anwar Sadat, pemimpin Mesir yang terbunuh setelah mencapai kesepakatan damai dengan Israel, dan menanyakan apa yang dilakukan AS untuk melindungi Sadat.

Menurut laporan Politico, Kamis, 15 Agustus 2024, MBS juga telah membahas ancaman yang dihadapinya dalam menjelaskan mengapa kesepakatan semacam itu harus mencakup jalan yang benar menuju negara Palestina, terutama sekarang karena perang di Gaza telah meningkatkan kemarahan Arab terhadap Israel.

Gedung Putih: Pembunuhan Aktivis Turki-Amerika oleh Israel Tindakan Keji

"Putra mahkota, yang sering disebut sebagai MBS, tampaknya berniat untuk mencapai kesepakatan besar dengan AS dan Israel meskipun ada risiko berat. (Tapi) ia melihatnya sebagai hal yang penting bagi masa depan negaranya," kata seorang mantan pejabat AS, yang berbicara secara anonim.

Kontur luas dari pakta yang sebagian besar dirahasiakan dan masih dikembangkan tersebut telah muncul dalam berbagai laporan, termasuk laporan Politico.

Pakta tersebut mencakup berbagai komitmen AS kepada Saudi, termasuk jaminan keamanan melalui perjanjian, bantuan untuk program nuklir sipil, dan investasi ekonomi di bidang-bidang seperti teknologi.

Menurut beberapa laporan, sebagai gantinya Arab Saudi akan membatasi hubungannya dengan Tiongkok. Arab Saudi juga akan menjalin hubungan diplomatik dan hubungan lainnya dengan Israel. Ini merupakan keuntungan besar bagi Israel mengingat pentingnya Arab Saudi di antara negara-negara Muslim.

Namun, MBS merasa kesal karena pemerintah Israel tidak mau memasukkan jalur yang kredibel menuju negara Palestina dalam pakta tersebut.

“Cara dia mengatakannya adalah, ‘Orang Saudi sangat peduli tentang ini, dan seluruh Timur Tengah sangat peduli tentang ini, dan masa jabatan saya sebagai penjaga tempat-tempat suci Islam tidak akan aman jika saya tidak mengatasi masalah keadilan yang paling mendesak di wilayah kami,’” kata salah satu orang yang mengetahui percakapan yang dilakukan MBS dengan para pemimpin regional dan Amerika.

Ketika pertama kali mendengar tentang percakapan kerajaan Saudi itu, penulis Politico merasa tertarik dan skeptis.

"Tentu saja, saya teringat pada mendiang Jamal Khashoggi, jurnalis yang dituduh memerintahkan pembunuhan oleh MBS. Sekarang MBS yang takut akan keselamatannya? Apakah ini termasuk ironi?," kata penulis Politico.

Dia juga teringat banyak laporan masa lalu tentang bagaimana MBS tidak peduli dengan Palestina, melihat perjuangan mereka sebagai penghambat kemajuan Arab dan para pemimpin mereka sebagai orang yang tidak kompeten.

"Saya bertanya-tanya mengapa ancaman yang dihadapinya sekarang lebih serius daripada ancaman yang telah lama dihadapinya: Dia telah mendorong perubahan sosial yang dramatis di Arab Saudi, menyingkirkan banyak kerabatnya dan ulama Islam konservatif yang tidak diragukan lagi marah karenanya," ujarnya.

Tetapi semakin memikirkannya dan berbicara dengan orang-orang yang lebih pintar dari penulis Politico, maka semakin dirinya melihat cara MBS membingkai situasi tersebut sebagai strategi pemasaran diplomatik yang cerdas.

"Dia mengatakan bahwa keselamatannya dalam bahaya untuk mendorong pejabat AS agar meningkatkan tekanan pada Israel agar tunduk pada kesepakatan yang disukainya."

MBS juga diduga mempertaruhkan nyawa demi kesepakatan yang berpotensi penting, tentu saja merupakan cara yang menarik untuk menarik perhatian lawan bicara.

VIVA Militer: Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman

Photo :
  • AboutHer

Sejujurnya, hal itu mungkin juga benar.

Membuat perdamaian adalah bisnis yang berbahaya. Hal itu khususnya berlaku di Timur Tengah, di mana bahkan sebelum perang Gaza, MBS telah berjudi dengan mempertimbangkan gagasan untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

“Itu cara lain untuk mengatakan, ‘Ini adalah keputusan penting bagi saya. Itulah mengapa saya membutuhkan sesuatu (jaminan keselamatan) untuk itu,’” kata Dennis Ross, seorang negosiator veteran Timur Tengah yang telah bekerja untuk beberapa presiden Amerika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya