Trump dan Kamala Harris Akan Debat Pertama pada 10 September

Kamala Harris.
Sumber :
  • Instagram/kamalaharris

Washington, VIVA – Capres dari Partai Republik, Donald Trump dan capres dari Partai Demokrat, Kamala Harris akan melaksanakan debat pertama pada 10 September mendatang. 

Usai Debat Panas, Trump-Harris Terlihat Jabat Tangan di Acara Peringatan 11/9

"ABC News akan mengundang kandidat presiden yang memenuhi syarat untuk berdebat pada 10 September di ABC. Wakil Presiden Harris dan mantan Presiden Trump telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menghadiri debat ABC," kata media itu itu dalam sebuah pernyataan.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Photo :
  • Google net
Kamala Harris Kecam Pembunuhan Aktivis Turki-Amerika oleh Tentara Israel

Berbicara pada konferensi pers di resor Mar-a-Lago miliknya di Florida, Trump mengatakan bahwa ia menantikan untuk berdebat dengan Harris, dan bahwa ia telah menyetujui debat mendatang dengan Fox News, ABC, dan NBC.

"Saya pikir sangat penting untuk mengadakan debat, dan kami telah sepakat dengan Fox (New), NBC, dan ABC pada tanggal 25 September," kata mantan presiden tersebut.

Abortion Rights Spark Intense Debate between Harris and Trump

Seorang penasihat senior Trump dan seorang sumber ABC yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa tanggal yang benar yang disetujui Trump dengan jaringan media lainnya, yakni 4 September dengan Fox News, 10 September dengan ABC, dan 25 September dengan NBC.

Trump pun mengatakan rincian debat masih dikerjakan, termasuk audiens dan lokasi.

“Pihak lain harus menyetujui persyaratannya. Mereka mungkin setuju atau tidak. Saya tidak tahu apakah mereka akan setuju. (Harris) belum diwawancarai. Dia tidak bisa diwawancarai. Dia hampir tidak kompeten, dan dia tidak bisa diwawancarai, saya menantikan debat karena saya pikir kita harus meluruskan keadaan,” ucap Trump, dikutip dari CNN Internasional, Jumat, 9 Agustus 2024.

Harris, yang sebelumnya setuju untuk mengikuti debat ABC, mengonfirmasi partisipasinya pada Kamis sore, 8 Agustus 2024, dan mengatakan dia akan senang untuk membahas debat lebih lanjut.

“Saya senang dia (Trump) akhirnya setuju untuk mengikuti debat pada 10 September. Saya menantikannya, dan saya harap dia datang,” kata Harris kepada wartawan sebelum menaiki Air Force Two di Detroit setelah acara dengan Serikat Pekerja Otomatis Amerika Serikat.

Ketika ditanya apakah dia akan terbuka untuk debat lain yang disebutkan oleh Trump, Harris berkata, “Saya senang bisa berdiskusi tentang debat tambahan setelah 10 September.”

Arsip - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris menghadiri KTT ASEAN-Amerika Serikat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu, 6 September 2023.

Photo :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

Debat ABC awalnya diterima oleh Trump dan mantan Presiden Joe Biden sebelum Biden mengundurkan diri dari pencalonan. Awal minggu ini, Trump mengatakan bahwa ia tidak akan berdebat dengan Harris jika Harris tidak setuju untuk menghadiri debat Fox News yang diusulkan pada tanggal 4 September.

Sumber ABC sebelumnya menyatakan keyakinannya bahwa debat jaringan tersebut akan menjadi yang pertama antara Trump dan wakil presiden, karena tim kampanye Harris telah mengindikasikan bahwa Harris tidak akan menyetujui debat Fox News.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya