Menlu Retno Bilang Begini usai Hamas Jadikan Yahya Sinwar Pimpinan Tertinggi

VIVA Militer: Kepala Biro Politik Hamas Palestina, Yahya Sinwar
Sumber :
  • nbcnews.com

Jakarta, VIVA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi menanggapi penunjukan Yahya Sinwar sebagai pemimpin kelompok Hamas. Dia menegaskan lagi sikap Indonesia yang mengutamakan pada upaya damai bagi Palestina.

PBB: Apa yang Kami Lihat adalah Tidak Ada Tempat yang Aman di Gaza

"Kita fokus pada usaha penyelesaian perdamaian. Jadi kita jelas bahwa pertama kita mendorong agar terjadi casefire, kedua kita terus mendorong agar bantuan kemanusiaan dapat dijalankan, dan dapat dilakukan tanpa hambatan," kata Retno usai mendampingi Presiden Joko Widodo terima surat kepercayaan duta besar di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Menlu Retno Marsudi

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong
Hamas Sebut Israel Rekrut Warga Afrika Pencari Suaka untuk Ikut Perang

Kemudian, menurut Retno, yang ketiga yakni terus mendorong agar dapat terjadinya perdamaian yang berdasarkan two state solution.

"Kita tetap fokus. Fokus kita akan kita jalankan terus dan hari ini saya juga akan ada delegasi dari Palestina yg akan ketemu saya," ujar Retno.

Kuliah Umum di Rusia, Megawati Paparkan "Model Penjajahan Gaya Baru"

Ribuan warga mengikuti aksi akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina yang digelar oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) di kawasan Monas, Jakarta, Minggu, 5 November 2023.

Photo :
  • ANTARA/Bayu Pratama

Tamu Palestina itu lebih dulu bertemu dengan PBNU, dan pada pukul 15.00, Retno bertemu dengan diplomat tinggi Palestina.

"Kami kembali akan menegaskan dukungan Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina. Jadi fokus kita jelas. Kita berada di depan untuk membantu misalnya negara-negara lain agar mendukung keanggotaan Palestina di PBB, mengakui Palestina, kemudian bagi UNRWA untuk dapat bekerja," ungkapnya.

"Banyak sekali gangguan yang dialami oleh UNRWA, di mana Indonesia mengatakan UNRWA perannya masih sangat penting untuk membantu para pengungsi Palestina."

VIVA Militer: Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov

Menlu Rusia:: Amerika Serikat Tidak Ingin Diakhirinya Pertumpahan Darah di Gaza

Menteri Luar Negeri Rusia mengatakan konflik di Gaza tidak bisa diabaikan di Dewan Keamanan PBB karena hal itu merupakan masalah internasional utama saat ini.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024