Gempa 7,1 SR di Jepang, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

Tokyo, VIVA – Peringatan tsunami dikeluarkan setelah beberapa wilayah di Kyushu dan Shikoku, Jepang, pada Kamis, 8 Agustus 2024, terjadi gempa bumi berkekuatan 7,1 skala Richter.

PVMBG: Aktivitas Vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki Menurun tapi Ada Penumpukan Material

Gempa kali ini yang tercatat adalah gempa bumi berkekuatan 6 skala intensitas seismik Jepang, yang melanda pantai selatan Kyushu, menurut Badan Meteorologi Jepang.

"Gelombang tsunami setinggi 1 meter dapat mencapai prefektur Miyazaki, Kochi, Oita, dan Kagoshima, termasuk pulau-pulau di Prefektur Kagoshima, Tanegashima dan Yakushima," kata badan tersebut, dikutip dari The Japan Times, Kamis, 8 Agustus 2024.

Gempa Magnitudo 4,9 SR Guncang Gianyar Bali, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Ilustrasi Gempa Bumi.

Photo :
  • vstory

Gempa bumi pada hari Kamis, dengan episentrum di laut Hyuganada di lepas pantai Prefektur Miyazaki, terjadi pada pukul 4:43 sore, pada kedalaman 30 kilometer.

Produk Nasabah PNM Mekaar Laris Manis di Tokyo Gift Show 2024

Prakiraan tsunami, yang memperingatkan kemungkinan adanya sedikit perubahan pada permukaan laut, dikeluarkan untuk wilayah yang lebih luas, hingga sejauh utara Semenanjung Boso di Prefektur Chiba.

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Gempa Magnitudo 3,0 Guncang Bayah Banten

BMKG menyatakan gempa tersebut terjadi pada sekitar jam 22.30 WIB dan berjarak 95 kilometer Barat Daya Kecamatan Bayah, Banten

img_title
VIVA.co.id
11 September 2024