Arab Saudi Sebut Pembunuhan Haniyeh Bikin Kacau Situasi di Timur Tengah

VIVA Militer: Prosesi pemakaman pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh
Sumber :
  • nytimes.com

Riyadh, VIVA – Wakil Menteri Luar Negeri Arab Saudi Waleed Al-Khereiji mengatakan bahwa pembunuhan mantan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh merupakan pelanggaran mencolok terhadap kedaulatan, integritas teritorial, dan keamanan nasional Iran.

Biden Peringatkan Netanyahu untuk Tidak Perluas Konflik dengan Lebanon

Melansir dari Saudi Gazette, Kamis, 8 Agustus 2024, Al-Khereji juga mengatakan bahwa serangan itu melanggar hukum internasional dan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Pembunuhan Haniyeh selama kunjungannya ke Teheran minggu lalu merupakan ancaman bagi perdamaian dan keamanan regional,” katanya saat menghadiri pertemuan luar biasa Komite Eksekutif (OKI) di Jeddah, pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Menlu Rusia:: Amerika Serikat Tidak Ingin Diakhirinya Pertumpahan Darah di Gaza

VIVA Militer: Rudal balistik militer Iran

Photo :
  • albawaba.com

Al-Khereiji menekankan bahwa pemerintahan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman menyadari keseriusan situasi yang meningkat di wilayah Palestina karena serangan terang-terangan dan praktik ilegal pendudukan Israel terhadap rakyat Palestina di dalam dan luar wilayah Palestina. Tel Aviv juga dinilsi mengabaikan piagam dan resolusi internasional.

Soal Pengadaan Layanan Haji 2024 di Arab Saudi, Kemenag Tegaskan Hal Ini

Wakil menteri tersebut mengatakan bahwa pemerintah Arab Saudi, berdasarkan posisi tegasnya terhadap perjuangan Palestina, mengutuk serangan yang dilakukan oleh pasukan pendudukan Israel terhadap warga sipil dan menolak segala bentuk serangan terhadap kedaulatan negara atau campur tangan dalam urusan internal negara mana pun sesuai dengan konvensi internasional dan Piagam OKI.

Al-Khereiji pun menyampaikan keprihatinan mendalam Kerajaan atas meningkatnya pelanggaran oleh tentara pendudukan Israel, yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa dan luka-luka di antara warga sipil di Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Warga melintas di antara bangunan yang hancur di permukiman Shujaiya, Gaza, Palestina, 11 Juli 2024.

Photo :
  • ANTARA/Xinhua/Abdul Rahman Salama

Ia juga menyuarakan keprihatinan atas kekurangan makanan, obat-obatan, dan bahan bakar hingga menipisnya sektor kesehatan di bawah tekanan meningkatnya jumlah pasien serta warga sipil yang mengungsi yang mencari perlindungan.

Al-Khereiji kembali menyerukan kepada masyarakat internasional untuk mengambil tindakan efektif guna memainkan perannya dalam meminta pertanggungjawaban penuh pasukan pendudukan Israel atas kejahatan dan pelanggaran ini serta konsekuensinya terhadap peluang menghidupkan kembali proses perdamaian dan menghentikan serangan dan pelanggaran terhadap rakyat Palestina.

Ia juga menegaskan bahwa Kerajaan mendukung semua upaya yang bertujuan untuk mengakhiri pendudukan wilayah Palestina dan mencapai solusi komprehensif yang memungkinkan rakyat Palestina mendirikan negara Palestina merdeka sesuai dengan resolusi legitimasi internasional dan Inisiatif Perdamaian Arab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya