Kemlu Naikkan Situasi di Bangladesh Jadi Siaga II, Minta WNI Hindari Aktivitas di Luar Ruangan

Kerusuhan di Ibu Kota Bangladesh (Doc: India Today)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta, VIVA – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menaikan status kedaruratan menjadi siaga II di Bangladesh.

Belasan WNI jadi Korban Perdagangan Orang di Myanmar, DPR: Negara Harus Segera Merespons Cepat

Selain itu, Kemlu juga meminta agar warga negara Indonesia (WNI), yang berada di Bangladesh terus waspada dan mengurangi aktivitas di luar ruangan.

"Mencermati perkembangan situasi dan kondisi keamanan terkini di Bangladesh, KBRI Dhaka telah meningkatkan status kedaruratan dari Siaga III menjadi Siaga II," kata Kemlu melalui pernyataan tertulis, Selasa, 6 Agustus 2024.

Kemlu: WNI yang Disekap di Myanmar Berada di Wilayah Konflik Bersenjata

Kementerian Luar Negeri RI.

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

"Memperhatikan keselamatan dan keamanan, diimbau kepada para WNI di Bangladesh untuk meningkatkan kewaspadaan, mengurangi aktivitas luar rumah untuk hal-hal non-esensial, serta menghindari kerumunan massa dan lokasi demonstrasi," sambungnya.

Beredar Video Puluhan WNI Disekap di Myanmar, Diduga Jadi Korban TPPO

Para WNI juga diharapkan dapat terus menjaga komunikasi dan mengikuti langkah-langkah kontingensi yang ditetapkan KBRI Dhaka.?

"Bagi WNI yg memiliki rencana perjalanan ke Bangladesh, diimbau untuk menunda perjalanan ke Bangladesh, sampai situasi dan kondisi keamanan membaik," tulis Kemlu.

Dalam kondisi darurat, Kemlu juga meminta agar WNI segera melaporkan kondisi kepada otoritas keamanan setempat dan hotline KBRI Dhaka.

1. KBRI Dhaka: (+880) 1614444552

2. Direktorat Pelindungan WNI Kemlu: (+62) 812 9007 0027.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya