PM Inggris dan Jajarannya Adakan Rapat 'Cobra', Ini Maknanya

Perdana Menteri (PM) Inggris, Keir Starmer
Sumber :
  • Claudia Greco, Pool Photo via AP, File

London, VIVA – Media asal Inggris, BBC melaporkan bahwa Perdana Menteri Keir Starmer mengadakan pertemuan darurat 'Cobra' pada hari ini, 5 Agustus 2024.

Menteri Inggris Kehilangan Dompet saat Rapat Bareng Petinggi Polisi UK

"Beberapa menit yang lalu, Kepala Staf Pertahanan Tony Radakin juga terlihat tiba di Downing Street, mungkin untuk pertemuan tersebut," menurut BBC International.

VIVA Militer: Panglima Angkatan Bersenjata Inggris, Laksamana Sir Tony Radakin

Photo :
  • mirror.co.uk
Ribuan Orang Demo di London Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Sebagai informasi, jika terjadi krisis di Inggris, rapat Cobra sering diadakan.

Meskipun memiliki nama yang sama dengan jenis ular berbisa, rapat-rapat tersebut tidak dinamai menurut atau mengacu pada ular tersebut.

Gempuran Rusia Makin Brutal, Inggris Pasok 600 Lebih Rudal ke Ukraina

Rapat Cobra, yang terkadang disebut rapat Cobr, dinamai menurut Ruang Briefing Kantor Kabinet A di Whitehall di pusat kota London.

Rapat ini merupakan komite tanggap darurat yang terdiri dari menteri, pegawai negeri, polisi, perwira intelijen, dan pihak lain yang sesuai dengan alasan rapat tersebut diadakan. Misalnya, rapat hari ini akan melibatkan menteri terkait dan perwakilan polisi.

Bendera Inggris Raya.

Photo :
  • Pinterest

Tujuan rapat Cobra adalah untuk membahas pengambilan keputusan dan mengoordinasikan berbagai departemen dan lembaga dalam menghadapi krisis atau keadaan darurat.

Selama beberapa tahun terakhir, rapat Cobra diadakan secara rutin selama pandemi COVID-19 dan pada tahun 2019 setelah banjir parah di Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya