Beberapa Maskapai Asia Hindari Wilayah Iran, Durasi Penerbangan Akan Lebih Panjang

Beberapa Maskapai Asia Hindari Wilayah Udara Iran
Sumber :
  • Foto: iStock

Singapura, VIVA – Beberapa maskapai Asia tujuan Eropa dan New York menghindari wilayah udara Iran demi keselamatan penerbangan.

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

Langkah ini diambil mengingat negara Iran tengah meningkatnya ketegangan pasca kematian pimpinan Hamas di ibu kota Teheran.

Foto kediaman pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran, Iran, yang dirilis IRGC

Photo :
  • foto: Iranintl & albalad.co
Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Ketiga Paling Banyak Koleksi Poin Ranking FIFA

Dilansir dari kantor berita Straits Times, maskapai asal Asia seperti Singapore Airlines (SIA) dan maskapai berbiaya rendah Scoot telah menerapkan menghindari wilayah udara Iran.

Juru bicara mengatakan penerbangan SIA dan Scoot yang terkena dampak menggunakan jalur penerbangan alternatif, ia pun menegaskan tidak ada penerbangan yang dibatalkan.

Ledakan Hantam Bandara Internasional Baghdad, Sehari Jelang Kedatangan Presiden Iran

Keputusan untuk menghindari wilayah Iran muncul setelah Iran bersumpah akan melakukan pembalasan  atas dugaan serangan udara Israel.

"Kami akan terus memantau situasi di Timur Tengah dengan saksama, dan menyesuaikan jalur penerbangan kami sesuai kebutuhan," imbuh juru bicara tersebut yang dilansir Straits Times.

Juru bicara maskapai SIA juga mengatakan, pengalihan rute ini mungkin mengakibatkan waktu tempuh sedikit lebih lama dari biasanya untuk beberapa penerbangan.

Bukan hanya maskapai Singapore Airlines dan Scoot, maskapai asal Asia seperti EVA Air, China Airlines dan Thai Airways juga memilih untuk menghindari wilayah udara Iran.

Adapun penerbangan yang akan terpengaruh termasuk semua penerbangan Singapore Airlines (SIA) antara Singapura dan 14 tujuan diantaranya: Amsterdam, Brussels, Kopenhagen, Frankfurt, Istanbul, London, New York (JFK), New York (Newark), Manchester, Milan, Munich, Paris, Roma, dan Zurich – serta semua penerbangan Scoot antara Singapura dan Athena.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya