Israel Gunakan Anjing untuk Siksa Tahanan Palestina, Menurut Pengawas HAM PBB

Ilustrasi salah satu penjara Zionis Israel.
Sumber :
  • ANTARA/Mostafa Alkharouf-Anadolu

Moskow, VIVA - Warga Palestina yang ditahan di Israel menjadi korban penyiksaan, seperti disetrum, disiksa dengan teknik waterboarding (siram air) dan diserang anjing, dengan sedikitnya 53 tahanan tewas sejak 7 Oktober, ungkap pengawas HAM PBB melalui sebuah laporan, Rabu, 31 Juli 2024.

Tiga Petugas Medis Tewas dalam Serangan Udara Israel di Lebanon

Laporan Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR) mengenai "Penahanan dalam konteks eskalasi permusuhan di Gaza" menggali kesaksian penyiksaan dan perlakuan buruk lainnya yang dilakukan warga Israel dan kelompok bersenjata Palestina selama Oktober 2023 hingga Juni 2024.

"Banyak dari mereka yang ditahan dan kemudian dibebaskan melapor telah menjadi korban berbagai bentuk penyiksaan atau perlakuan buruk lainnya, seperti pemukulan sadis, disetrum, dipaksa untuk tetap stres dalam waktu yang lama, atau disiksa dengan teknik waterboarding," tulis laporan tersebut.

Israel Bombardir Tempat Pengungsian, 4 Warga Palestina Tewas

Warga Palestina memeriksa bangunan tempat tinggal mereka yang hancur akibat serangan pesawat tempur Israel di Gaza City, Kamis, 4 Juli 2024.

Photo :
  • ANTARA/Xinhua/Mahmoud Zaki

Warga Palestina yang berbincang dengan OHCHR mengaku telah menjadi korban kekerasan dan penghinaan secara sistematis, "termasuk lewat serangan fisik serius berkali-kali, pengerahan anjing yang dalam beberapa kasus menyerang dan menggigit serta ancaman dan penghinaan".

Ribuan Orang Demo di London Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Israel menahan sejumlah besar warga Palestina – pria, perempuan, anak-anak, dokter, jurnalis, pembela HAM dan pasien – usai serangan Hamas 7 Oktober.

Sekitar 1.000 orang dari 10.000 lebih pekerja dan pasien dari Gaza yang ditahan pada Oktober, masih belum diketahui keberadaannya. Sementara itu, puluhan orang lainnya terbunuh.

"Sedikitnya 53 tahanan dari Gaza dan Tepi Barat tewas dalam penahanan Israel sejak 7 Oktober," tulis laporan tersebut.

VIVA Militer: Tentara Israel dari Divisi 143 (Divisi Gaza)

Photo :
  • timesofisrael.com

Komisaris Tinggi PBB untuk HAM, Volker Turk, mengatakan kesaksian yang dikumpulkan kantornya dan entitas lain mengindikasikan "berbagai perbuatan mengerikan, seperti waterboarding dan pengerahan anjing untuk tahanan," yang digambarkannya sebagai "pelanggaran terang-terangan" terhadap hukum humaniter internasional.

Pada Senin Israel mengatakan telah menahan sembilan tentara yang diduga menyiksa anggota kelompok perjuangan Palestina, Hamas, yang ditangkap. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya