Iran Peringatkan Israel jika Berani Serang Lebanon

Calon Presiden Terpilih Iran Masoud Pezeshkian (Doc: AP Photo/ Vahid Salemi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Teheran, VIVA – Presiden terpilih Iran Masoud Pezeshkian dalam panggilan telepon dengan mitranya dari Prancis Emmanuel Macron, pada Senin, 29 Juli 2024, mengatakan bahwa serangan Tel Aviv terhadap Lebanon akan berdampak buruk bagi Israel.

Hamas Sebut Israel Rekrut Warga Afrika Pencari Suaka untuk Ikut Perang

"Rezim Zionis akan membuat kesalahan besar jika menyerang Lebanon, yang akan membawa konsekuensi berat bagi mereka (Israel)," kata presiden Iran memperingatkan, dikutip dari The Cradle, Selasa, 30 Juli 2024.

Israel diketahui menyalahkan Hizbullah, kelompok perlawanan Lebanon yang bersekutu dengan Iran, atas serangan rudal di Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki Israel pada hari Sabtu, 27 Juli 2024.

Kuliah Umum di Rusia, Megawati Paparkan "Model Penjajahan Gaya Baru"

VIVA Militer: Serangan artileri militer Israel ke wilayah Lebanon

Photo :
  • ahram.org.eg

Rudal tersebut menghantam lapangan sepak bola, dan menewaskan 12 anak-anak dan remaja dari komunitas Druze Suriah.

Kembali Berulah, Pemukim Ilegal Israel Racuni Ternak warga Palestina di Tepi Barat

Namun, Hizbullah dengan keras membantah terlibat dan menyatakan pencegat Israel menghantam lapangan sepak bola.

Meskipun demikian, Israel telah menyebut korban Druze Suriah sebagai orang Israel dan bersumpah untuk menyerang Hizbullah dan Lebanon sebagai balasannya. Selama akhir pekan, banyak politisi Israel menyerukan pengeboman Beirut, ibu kota Lebanon.

VIVA Militer: Serangan roket Katyusha milisi Hizbullah Lebanon

Photo :
  • almanar.com.lb

Beberapa maskapai penerbangan juga membatalkan penerbangan ke Lebanon pada hari Senin karena khawatir akan serangan Israel.

Presiden Prancis, Macron berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Minggu, dengan mengatakan bahwa Paris berupaya mencegah eskalasi yang lebih luas antara Israel dan Hizbullah.

Macron juga mengungkapkan kepada Netanyahu bahwa Prancis berkomitmen penuh untuk melakukan segala hal untuk menghindari eskalasi baru di kawasan tersebut dengan menyampaikan pesan kepada semua pihak yang terlibat dalam konflik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya