Menkeu Terpilih Rachel Reeves Sebut Inggris 'Bangkrut dan Hancur'

Menteri Keuangan Inggris terpilih Rachel Reeves
Sumber :
  • Associated Press

London – Pemerintah Inggris menyatakan bahwa negara itu bangkrut dan hancur, menjelang penilaian keuangan publik, pada Senin, 29 Juli 2024. Hal itu disampaikan oleh Partai Buruh yang baru terpilih, dan menyalahkan pemerintah sebelumnya atas kekurangan dana sebesar US$ 26 miliar (Rp 432,4 triliun).

Survei BI: Keyakinan Konsumen Naik Didukung Kondisi Ekonomi

Terpilih untuk memimpin ekonomi terbesar keenam di dunia dalam kemenangan telak pada 4 Juli, Partai Buruh telah menghabiskan sebagian besar dari tiga minggu pertama kekuasaannya untuk memberi tahu publik bahwa keadaan di negara itu lebih buruk di hampir setiap bidang kebijakan publik.

Bendera Inggris Raya.

Photo :
  • Pinterest
Kemajuan Ekonomi Indonesia di Era Kepemimpinan Presiden Jokowi

Menteri Keuangan Inggris terpilih, Rachel Reeves akan memaparkan temuan tinjauan fiskal kepada parlemen, yang akan menuduh Partai Konservatif, yang memimpin negara tersebut selama 14 tahun sebelumnya.

"Penilaian tersebut akan menunjukkan bahwa Inggris bangkrut dan hancur, serta mengungkap kekacauan yang telah dibuat oleh politik populis terhadap ekonomi dan layanan publik," kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor Perdana Menteri Keir Starmer.

Ribuan Orang Demo di London Serukan Gencatan Senjata di Gaza

“Hal ini akan menunjukkan bahwa pemerintah sebelumnya membuat komitmen pendanaan yang signifikan untuk tahun keuangan ini tanpa mengetahui dari mana uang tersebut akan berasal," tambahnya, dikutip dari The Sundaily, Senin, 29 Juli 2024.

Partai Konservatif telah menolak pengumuman Partai Buruh mengenai keuangan publik sebagai dalih untuk kenaikan pajak yang tidak diungkapkannya selama kampanye pemilihan.

Beberapa ekonom juga skeptis, dengan mengatakan bahwa hanya ada sedikit kejutan besar yang tidak dapat diramalkan Partai Buruh sebelum menjabat.

Uang Poundsterling.

Photo :
  • istimewa

Reeves juga akan mengungkapkan tanggal untuk anggaran pertamanya, dan menugaskan prakiraan independen yang akan dipublikasikan bersamaan dengan anggaran tersebut.

Dia juga menetapkan rencana untuk proses peninjauan pengeluaran formal yang memutuskan berapa banyak uang yang diterima setiap departemen.

Ia juga diharapkan menyetujui gaji di atas inflasi untuk guru dan pekerja kesehatan. Tidak jelas bagaimana Partai Buruh akan mengatasi kekurangan yang diidentifikasinya.

Reeves pun terkekang oleh janji-janji kampanye untuk tidak menaikkan tarif pajak penghasilan, pembayaran jaminan sosial Asuransi Nasional, pajak pertambahan nilai, dan pajak perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya