Barack dan Michelle Obama Dukung Kamala Harris di Pilpres AS

Mantan Presiden AS Barack Obama saat menghadiri Kongres Diaspora Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Washington – Mantan Presiden AS, Barack Obama telah memberikan dukungan pada Wakil Presiden, Kamala Harris untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat. Sikap Obama mengakhiri spekulasi selama berhari-hari mengenai apakah ia akan mendukung Harris atau tidak.

Trump Refuses to Face Off with Harris in Upcoming Presidential Debate

Obama dan mantan Ibu Negara Michelle Obama mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa mereka yakin Harris memiliki visi, karakter, dan kekuatan yang dibutuhkan pada saat kritis ini.

Mantan Presiden AS itu dilaporkan berada di antara lebih dari 100 tokoh Demokrat terkemuka yang diajak bicara oleh Harris, setelah Presiden Joe Biden mengumumkan pada pekan lalu bahwa ia akan mundur dari Pemilu 2024.

Dukungan AS Terhadap Israel Picu Kemarahan di Seluruh Negeri Menjelang Pemilihan Presiden

Joe Biden and Kamala Harris.

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Dalam sebuah pernyataan pada saat itu, Obama memuji keluarnya Biden, tetapi tidak mendukung Harris.

Survei: Kamala Harris Unggul 47 Persen dari Donald Trump

Diketahui, wakil presiden AS tersebut telah mendapatkan dukungan mayoritas delegasi Demokrat, yang membuatnya berada di jalur yang tepat untuk menjadi calon resmi pada konvensi partai pada bulan Agustus.

Keluarga Obama mengatakan dalam pernyataan hari Jumat bahwa mereka sangat gembira mendukung Harris. Mereka berjanji untuk melakukan segala yang mereka bisa untuk memilihnya.

"Kami setuju dengan Presiden Biden," kata pernyataan Obama dan Istrinya itu.

"Memilih Kamala adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah dibuat. Dia memiliki resume untuk membuktikannya," sambungnya, dikutip dari Saudi Gazette, Senin, 29 Juli 2024.

Mereka juga menyinggung rekam jejak Harris sebagai jaksa agung California, senator AS, dan kemudian wakil presiden.

"Tetapi Kamala memiliki lebih dari sekadar resume. Dia memiliki visi, karakter, dan kekuatan yang dibutuhkan saat kritis ini. Tidak ada keraguan dalam pikiran kami bahwa Kamala Harris memiliki apa yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilihan ini dan memberikan hasil bagi rakyat Amerika."

Pernyataan itu disertai dengan video Harris yang menerima panggilan telepon dari keluarga Obama yang menyatakan dukungan mereka.

"Ya ampun," kata wakil presiden dalam klip itu.

"Michelle, Barack, ini sangat berarti bagiku."

Sebagai informasi, Harris telah mengadakan sejumlah acara kampanye di seluruh AS pada hari-hari sejak Biden menarik diri dari pencalonan. Pada hari Kamis, 25 Juli 2024, ia juga berpidato di hadapan serikat pekerja Federasi Guru Amerika di Houston.

Meskipun acara tersebut disebut sebagai bagian dari tugas wakil presidennya, acara itu memiliki nuansa rapat umum kampanye, dengan tepuk tangan meriah dan sorak sorai dari hadirin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya