Pemimpin Druze Peringatkan Upaya Israel 'Provokasi Konflik' di Lebanon

Sejumlah ambulans di lokasi serangan Majdal Shams, Lebanon.
Sumber :
  • ANTARA

Beirut - Pemimpin Druze Lebanon, Walid Jumblatt, Sabtu, 27 Juli 2024, memperingatkan tentang upaya Israel "memprovokasi konflik" di wilayah tersebut setelah menuduh Hizbullah terlibat dalam penembakan di Kota Druze, Majdal Shams, di daerah pendudukan Dataran Tinggi Golan.

Kembali Berulah, Pemukim Ilegal Israel Racuni Ternak warga Palestina di Tepi Barat

Jumblatt mengatakan hal itu dengan mengutip pernyataan Hizbullah yang membantah keterlibatan pihaknya dalam serangan terhadap Druze, sekte agama yang dianut kalangan masyarakat tertentu di Suriah, Lebanon, dan Israel.

“Kami menegaskan kembali peringatan dan kewaspadaan kami terhadap apa yang musuh Israel telah lama lakukan -- memprovokasi konflik, memecah belah wilayah, dan menargetkan komponennya,” kata Jumblatt seperti dilaporkan Kantor Berita Nasional Lebanon.

Lebanon Siaga Tinggi Jelang Serangan Besar Israel, 150 Rumah Sakit Disiapkan

VIVA Militer: Serangan milisi HIzbullah terhadap basis militer Israel

Photo :
  • forces.net

“Kami sebelumnya telah menggagalkan skema (Israel) ini, dan sekarang karena skema ini muncul kembali, kami tetap waspada bersama perlawanan dan semua pejuang yang menghadapi agresi dan pendudukan Israel," katanya menambahkan.

Indonesia Urges Islamic Nations to Boycott Israeli-linked Products

Otoritas Israel mengatakan sebelumnya bahwa 11 orang tewas dan 37 lainnya terluka dalam serangan peluru kendali tersebut.

Sementara tentara Israel menuduh Hizbullah sebagai pelaku serangan itu, kelompok paramiliter yang juga partai politik kuat berhaluan Syiah itu membantah keterlibatannya.

VIVA Militer: Serangan roket Katyusha milisi Hizbullah Lebanon

Photo :
  • almanar.com.lb

Ketegangan meningkat di sepanjang perbatasan Lebanon dengan Israel di tengah serangan lintas batas antara Hizbullah dan pasukan Israel saat Tel Aviv melanjutkan genosidanya terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Serangan Israel di daerah konflik Jalur Gaza telah menewaskan hampir 39.300 korban sejak Oktober 2023 setelah serangan sistematis dilancarkan kelompok perlawanan Palestina, Hamas. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya