Kegiatan Netanyahu saat Keliling AS untuk Cari Dukungan, Bertemu dengan Elon Musk

VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • ynetnews.com

Washington – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, pada Kamis, 25 Juli 2024, dia bertemu dengan CEO Tesla Elon Musk di Washington sehari sebelumnya, setelah pidatonya di Kongres AS.

Putin Dukung Kamala Harris di Pilpres AS, Trump 'Speechless'

“Kami membahas peluang dan tantangan AI, dampaknya terhadap perekonomian dan masyarakat, dan mencari cara untuk kerja sama teknologi dengan Israel,” kata Netanyahu dalam sebuah postingan di X.

Selain Elon Musk, Netanyahu juga melakukan pertemuan dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih.

Putin Menyatakan Dukungan untuk Kamala Harris Setelah Biden Mengundurkan Diri, AS Mengkritik

Joe Biden di acara debat kandidat capres AS 2024

Photo :
  • AP Photo/Gerald Herbert

Keduanya berbicara di meja oval dengan Biden yang berusaha menekan Netanyahu untuk melakukan gencatan senjata segera.

Kisah Pilu Gadis 10 Tahun Tewas Dihantam Rudal Israel saat Bermain Sepatu Roda

Setelah pertemuan dengan Biden, PM Israel itu melanjutkan pertemuan dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris.

Berbeda dengan Biden yang terkesan 'sedikit lembut' dengan Netanyahu, Harris justru menampakkan sisi 'garangnya' terhadap konflik di Gaza.

Harris juga menekan Netanyahu untuk membantu gencatan senjata permanen di Gaza, demi pembebasan sandera yang masih ditahan oleh kelompok Palestina, Hamas.

Arsip - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris menghadiri KTT ASEAN-Amerika Serikat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu, 6 September 2023.

Photo :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

“Kita tidak bisa membiarkan diri kita mati rasa terhadap penderitaan ini dan saya tidak akan diam," ujar Harris setelah pertemuan itu.

Konflik di Gaza dimulai pada 7 Oktober, ketika militan Hamas menyerang Israel selatan dari Gaza, dan menewaskan 1.200 orang serta menawan lebih dari 250 orang, menurut penghitungan Israel.

Serangan balasan dilancarkan Israel di Gaza dan telah menewaskan lebih dari 39.000 orang serta menyebabkan bencana kemanusiaan dengan sebagian besar wilayah pesisir rata, orang-orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka, dan mengalami kelaparan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya