Arab Saudi Bakal Rombak Istana Jadi Hotel Mewah, Ada Spa hingga Restoran Michelin

Istana Al Hamra (Doc: Alarabiya)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Riyadh – Istana kerajaan di seluruh Arab Saudi, termasuk bekas kediaman Raja Saud bin Abdulaziz dan pernah menjadi tuan rumah bagi tokoh internasional seperti mantan Presiden AS Richard Nixon dan mendiang Putri Diana, sedang menjalani proyek renovasi dan restorasi untuk melestarikan situs bersejarah dan mengubahnya menjadi destinasi wisata mewah.

Kualitas Pemain Arab Saudi Makin Buruk, Roberto Mancini Salahkan Cristiano Ronaldo

Perusahaan perhotelan milik PIF, Boutique Group, mengubah beberapa istana budaya dan sejarah di seluruh Arab Saudi menjadi hotel butik ultra-mewah sebagai bagian dari rencana pariwisata ambisius Arab Saudi berdasarkan Visi 2030.

Istana Al Hamra (Doc: Alarabiya)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong
Ragnar Oratmangoen Botak, Ali Albulayhi Tak Bisa Berontak

Tiga istana, termasuk Istana Merah dan Istana Tuwaiq di Riyadh, serta Istana al-Hamra di Jeddah. Ketiganya saat ini sedang dikembangkan, dan beberapa lainnya sedang dipertimbangkan, menurut CEO Boutique Group Mark De Cocinis.

“Masing-masing properti ini menawarkan jendela unik ke dalam budaya dan warisan Arab Saudi yang luas serta keragaman wilayah yang mereka sebut sebagai rumah,” kata De Cocinis kepada Al Arabiya English.

Menanti Kejutan Baru Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia di Mata Dunia

Tiga Istana Sedang Direnovasi

Istana Al Hamra, terletak di sepanjang corniche ikonik Jeddah dan dibangun pada akhir tahun 1960-an. Istana itu awalnya dibangun sebagai kediaman kerajaan Raja Faisal bin Abdulaziz.

"Namun, setelah pembangunannya selesai, penguasa malah memilih untuk mengubahnya menjadi tempat keramahtamahan bagi tamu terhormat Jeddah,” ucap De Cocinis.

Selama bertahun-tahun, negara ini menjadi tuan rumah bagi berbagai presiden negara-negara Arab dan Islam hingga tokoh internasional, termasuk Richard Nixon, mantan Presiden Prancis Jacques Chirac, Putri Diana, dan Raja Charles III dari Inggris.

Istana Tuwaiq, menghadap Wadi Hanifa, terletak di Kawasan Diplomatik Riyadh.

Dirancang oleh Atelier Frei Otto bekerja sama dengan Buro Huppold dan Omrania, gedung ini dibuka pada tahun 1985 dan menerima Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur tahun 1998.

“Salah satu landmark arsitektur paling dikagumi di Riyadh, desainnya menggabungkan elemen benteng gurun yang ikonik dan tenda Badui, dengan pengaruh estetika tradisional dari wilayah Najd tengah,” menurut De Cocinis, dikutip dari Alarabiya, Rabu, 24 Juli 2024.

Ilustrasi Kota Arab Saudi (Doc: Alarabiya)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Istana Merah di Riyadh dibangun pada tahun 1943 oleh pendiri Arab Saudi, Raja Abdulaziz untuk putranya, Putra Mahkota Saud. Dibangun tak lama setelah penemuan minyak di Kerajaan, Istana Merah adalah bangunan beton pertama di Riyadh, yang bercirikan motif desain Art Deco.

Perlakuan Kerajaan

Menurut De Cocinis, Grup Butik berupaya memperkaya sektor budaya Kerajaan sekaligus berkontribusi terhadap pertumbuhan industri pariwisata negara dan perekonomian yang lebih luas.

Sektor pariwisata Arab Saudi mengalami pertumbuhan yang signifikan, di mana Kerajaan tersebut telah melampaui target visinya pada tahun 2030 yaitu 100 juta pengunjung tujuh tahun lebih awal.

“Dengan membangun kembali istana-istana luar biasa ini menjadi hotel-hotel ultra-mewah, kami memberikan kehidupan baru ke dalamnya, menjadikannya dapat diakses oleh generasi baru wisatawan yang cerdas, dan menawarkan jendela ke dalam budaya Arab Saudi yang luar biasa,” ujar CEO tersebut.

“Selama bertahun-tahun, Arab Saudi terkenal di seluruh dunia karena tradisi keramahtamahannya yang luar biasa. Ini adalah sesuatu yang hidup dan (memiliki) nafas di setiap sudut penawaran kami, dan membedakan kami dari operator lain di sektor ultra-mewah.”

Para tamu juga akan menerima pengalaman “kerajaan” Saudi sejak mereka tiba, dan saat mereka disambut oleh penjaga yang mengenakan pakaian daerah yang rapi, menurut De Cocinis.

“Dari sini, setiap langkah perjalanan diselingi dengan momen budaya dan warisan Saudi.”

CEO tersebut juga menggambarkan tawaran kesehatan yang mencakup metode penyembuhan tradisional Saudi, sebuah integrasi perintis yang belum pernah diperkenalkan ke dunia dalam lingkungan yang sangat mewah.

Setiap istana pun dilengkapi restoran “Saudi Celebrity Chef”, dengan resep yang diperiksa dengan cermat oleh Culinary Commission.

Restoran-restoran ini akan memanfaatkan pengaruh kuliner dari daerahnya masing-masing, dan diolah dengan bahan-bahan yang diproduksi di daerah tersebut oleh chef dari daerah tersebut juga

“Kami juga akan memiliki restoran Michelin di setiap hotel, tempat para talenta baru Saudi dapat belajar dari para master global,” tambah De Cocinis.

"Salah satu pengalaman khusus kami di Istana Merah di Riyadh adalah Tur Budaya Iring-iringan Kerajaan, di mana pengunjung dapat melakukan perjalanan dengan mobil antik klasik yang terinspirasi oleh armada Raja Saud, melintasi berbagai situs budaya yang relevan dengan kehidupannya.”

Tempat Makan Michelin, Spa, dan Kemewahan Bintang 5

Tentu saja, kata De Cocinis, mengadaptasi landmark sejarah dan budaya menjadi hotel kontemporer, lengkap dengan spa, santapan lezat, dan kamar hotel ultra-mewah, menghadirkan tantangan nyata.

“Bagaimana kami memastikan bahwa kami mengintegrasikan penawaran terbaik di kelasnya sambil tetap mempertahankan keaslian bangunan seperti aslinya?," katanya.

“Dalam segala hal yang kami lakukan, kami berdedikasi untuk menjaga integritas budaya setiap properti. Artinya, apa pun yang kami tambahkan, apakah itu spa holistik, atau restoran Michelin, harus sesuai dengan semangat dan estetika bangunan seperti yang mereka bayangkan pada awalnya.”

Perayaan Halloween di Arab Saudi

Photo :
  • Twitter @BlvdRuhCity

Dengan mengingat hal ini, Boutique Group bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan Saudi dan memiliki tim budaya dan warisan yang berdedikasi untuk membantu melestarikan elemen tradisi dan sejarah, menurut De Cocinis.

“Faktanya, Menteri Kebudayaan, Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan Al Saud adalah Ketua Dewan Grup Butik, dan kami sedang dalam proses membentuk Komite Ahli Sejarah yang belum pernah ada sebelumnya untuk membantu kami menjaga keakuratan dan keaslian maksimal,” tutup De Cocinis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya