Direktur Dinas Rahasia AS Mundur usai Gagal Lindungi Trump saat Insiden Penembakan

Direktur Dinas Rahasia AS Kimberly Cheatle
Sumber :
  • Associated Press/John McDonnell

Washington – Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat, Kim Cheatle, mengundurkan diri setelah upaya pembunuhan yang terjadi terhadap calon presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump.

Putin Dukung Kamala Harris di Pilpres AS, Trump 'Speechless'

Seorang anggota parlemen terkemuka berjanji bahwa kepergian Cheatle tidak akan berdampak pada penyelidikan insiden tersebut. “Akan ada lebih banyak akuntabilitas di masa depan,” kata Ketua Komite Pengawasan dan Akuntabilitas DPR James Comer, seorang anggota Partai Republik dari Kentucky.

“Meskipun pengunduran diri Direktur Cheatle merupakan langkah menuju akuntabilitas, kami memerlukan tinjauan menyeluruh tentang bagaimana kegagalan keamanan ini terjadi sehingga kami dapat mencegahnya di masa mendatang," sambungnya, dikutio dari US News, Rabu, 24 Juli 2024.

Rupiah Dibuka Perkasa ke Level Rp 15.420 per Dolar AS, Investor Soroti Ini

Direktur Dinas Rahasia AS Kimberly Cheatle

Photo :
  • Associated Press/John McDonnell

Secara politis, Cheatle adalah pemersatu, bukan pemecah belah, setidaknya di Kongres, yang mendukung penyelidikan pembunuhan Trump dengan semangat bipartisan yang tidak biasa.

Trump Bakal Berlakukan Lagi Hukuman Mati Jika Jadi Presiden AS

Comer dan petinggi Partai Demokrat di komitenya, Jamie Raskin, hari Senin bersatu untuk menuntut pengunduran diri Cheatle, setelah sidang brutal di mana anggota demi anggota menuntut jawabannya.

Setelah interogasi selama berjam-jam, sebuah misteri penting tetap ada, seperti bagaimana tersangka penembak bisa mengambil posisi di atap yang tampaknya tidak dijaga dengan jarak pandang tanpa halangan ke podium Trump dan melakukan beberapa putaran?

Ketua DPR dari Partai Republik Mike Johnson dan Pemimpin Minoritas DPR dari Partai Demokrat Hakeem Jeffries pada hari Selasa bersama-sama mengumumkan pembentukan satuan tugas untuk menyelidiki kegagalan keamanan yang “mengejutkan”, yang terdiri dari tujuh anggota Partai Republik dan enam anggota Demokrat.

“Kami akan melanjutkan pengawasan kami terhadap Dinas Rahasia untuk mendukung Satuan Tugas DPR dalam memberikan transparansi, akuntabilitas, dan solusi untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi,” kata Comer.

Raskin pada hari Selasa mengatakan penting untuk memberikan kesempatan kepada kepemimpinan baru di Dinas Rahasia AS untuk mengatasi krisis ini dengan cepat, membangun kembali kepercayaan Kongres dan rakyat Amerika, dan menjamin keamanan bagi mereka yang dilindungi. Kami mencapainya hari ini.”

Johnson juga mengatakan kepada wartawan bahwa pengunduran diri Cheatle sudah terlambat. "Dia seharusnya melakukan ini setidaknya seminggu yang lalu.”

Kandidat capres dari Partai Republik Donald Trump usai peristiwa penembakan

Photo :
  • AP Photo/Gene J. Puskar

Sama seperti Comer, dia berpendapat bahwa Cheatle mungkin bukan pejabat Dinas Rahasia terakhir yang dimintai pertanggungjawaban. “Mungkin ada pihak lain di jajaran otoritas yang juga bersalah atas apa yang terjadi dan kesalahan serta kekeliruan di sana,” kata Johnson.

"Saya pikir pekerjaan gugus tugas kami menjadi lebih penting.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya