Jika Kamala Harris Maju Capres, Usia dan Kesehatan Trump Akan Jadi 'Bulan-bulanan'

Wakil Presiden AS Kamala Harris
Sumber :
  • Instagram

Washington – Donald Trump terus-menerus menyerang lawannya dari Partai Demokrat, Joe Biden, karena usia dan kebugarannya, tetapi argumen yang sama dapat menghantuinya setelah Biden memilih mundur dari Pemilu 2024, dan mendukung majunya Wakil Presiden Kamala Harris.

Putin Dukung Kamala Harris di Pilpres AS, Trump 'Speechless'

Dengan Harris, yang akan menjadi calon presiden dari Partai Demokrat, Trump akan menjadi kandidat yang jauh lebih tua dan akan menghadapi sorotan yang lebih terang jika ada tanda-tanda kemunduran soal kesehatannya.

“Dinamikanya telah berubah drastis,” kata Matthew Foster, ilmuwan politik di American University, dikutip dari The Sundaily, Selasa, 23 Juli 2024.

Sandiaga soal Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran: Harus Tahu Diri

Donald Trump di acara debat kandidat capres AS

Photo :
  • AP Photo/Gerald Herbert

Trump terus menyerang ketajaman mental Biden bahkan setelah dia mengundurkan diri, dengan mengejek di media sosial bahwa Biden akan bangun dan seolah-olah lupa bahwa dia telah keluar dari pencalonan.

Putin Menyatakan Dukungan untuk Kamala Harris Setelah Biden Mengundurkan Diri, AS Mengkritik

'Senjata usia' yang digunakan Trump membuat orang lupa bahwa dia juga tidak terlalu muda saat ini. Jika Trump memenangkan pemilu November, dia akan menjadi presiden Amerika tertua yang dilantik.

Pidato penerimaan nominasinya yang berdurasi satu setengah jam di Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee, disebut-sebut oleh para pendukungnya sebagai ilustrasi ketahanannya.

Namun, beberapa penonton menyaksikan pidato tersebut melihat bahwa Trump jauh lebih lelah dari biasanya. Dia berkeringat karena penyampaian pidatonya.

Menurut jajak pendapat ABC yang dilakukan pada pertengahan Juli, 60 persen warga Amerika mengatakan Trump terlalu tua untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua.

Segera setelah Biden mengundurkan diri dari pencalonan, usia Trump juga mendapat kecaman, namun ia secara konsisten menepis kekhawatiran tersebut.

Pada bulan Januari, dia mengatakan kepada para pendukungnya bahwa dia telah menyelesaikan tes kognitif yang diberikan oleh dokternya dan dia mendapatkan nilai bagus atas hasilnya.

“Saya akan memberi tahu Anda jika (nanti) kondisi saya memburuk; Saya yakin saya bisa memberi tahu Anda,” kata Trump saat itu.

Namun, mantan presiden tersebut tidak tunduk pada tuntutan transparansi medis seperti ketika dia masih di Gedung Putih.

Selama beberapa tahun terakhir, hanya sedikit informasi yang dipublikasikan tentang kesehatan Trump.

November lalu, Trump hanya menerbitkan surat singkat dari dokternya yang menyatakan bahwa ia dalam keadaan sehat dan berat badannya turun tanpa menyebutkan berapa berat badannya.

Tim kampanye Harris mulai beroperasi penuh pada hari Minggu, dan meskipun mereka masih menyempurnakan strateginya, tidak ada keraguan bahwa usia Trump akan menjadi salah satu sasaran serangan kandidat berusia 59 tahun tersebut.

Juru bicara kampanye Harris, James Singer mengatakan bahwa Partai Republik telah mencalonkan Donald Trump, seorang terpidana kriminal berusia 78 tahun yang telah menghabiskan waktu puluhan tahun mempermainkan pekerja.

Mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump dievakuasi segera setelah peristiwa penembakan saat dia berkampanye di Pennsylvania, Minggu, 14 Juli 2024.

Photo :
  • CNN

Foster mengatakan Harris membawa energi yang benar-benar berbeda ke dalam kampanyenya, dan menggambarkan gaya kinerja Harris jauh lebih muda dan agresif.

Harris, mantan senator dari California yang kampanye presiden pertamanya pada tahun 2020 gagal, berhasil menonjol dalam debat yang disiarkan televisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya