Fakta Unik Agama Kamala Harris Kandidat Capres AS: Ibu Hindu-Suami Yahudi 

Kamala Harris dan suaminya, Douglas Emhoff
Sumber :
  • Dok Kamala Harris

VIVA – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan mundur dari pemilihan presiden AS 2024. Biden memutuskan tidak mencalonkan diri pada masa jabatan kedua, dan mendukung Kamala Harris sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

PM Israel Netanyahu Tegaskan Tak Ada Kesepakatan Gencatan Senjata di Gaza

Kamala Harris tak lain adalah Wakil Presiden AS -- pendamping Joe Biden. Ia merupakan mantan Senator California keturunan India-Jamaika yang dipilih Joe Biden untuk mendampinginya di Pilpres AS tahun 2020. 

Harris merupakan perempuan kulit hitam dan keturunan Asia pertama yang jadi wakil presiden AS. Nama belakangnya Harris sempat dikira banyak orang adalah seorang Muslim.

Penampakan Pria Ancam Sebar Video Syur Bareng Almarhum Ibu Kos

Kamala Harris lahir di Oakland, California, pada 20 Oktober 1964 dan menghabiskan tahun-tahun pertama di Berkeley, California. Ia lahir dari dua orang tua berlatar imigran. Ibunya Shyamala Gopalan, kelahiran India dan beragama Hindu. Sementara ayahnya Donald Harris, kelahiran Jamaika. 

Wakil Presiden AS Kamala Harris (Doc: The New Arab)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong
Rupiah Dibuka Perkasa ke Level Rp 15.420 per Dolar AS, Investor Soroti Ini

Ia tumbuh besar dengan menghadiri kebaktian di gereja Afrika-Amerika di Oakland, dan mereka juga sering mengunjungi pusat budaya Afrika-Amerika. Ibunya juga memperkenalkan Harris pada agama Hindu dan membawa mereka ke kuil Hindu terdekat. 

Dia berkuliah di Universitas Howard, salah satu kampus ternama yang didirikan komunitas kulit hitam. Harris mendapat gelar sarjana hukum di Universitas California, Hastings, dan memulai kariernya di Kantor Kejaksaan Distrik Alameda. 

Dia kemudian menjadi jaksa distrik untuk San Francisco pada 2003, sebelum terpilih sebagai perempuan pertama dan warga Afrika-Amerika pertama yang menjabat jaksa agung Negara Bagian California--negara bagian yang penduduknya paling banyak di AS. 

Dalam dua masa jabatan sebagai jaksa agung, Harris meraih reputasi sebagai salah satu bintang Partai Demokrat. Dia menggunakan momentum itu guna meraih jabatan senator junior yang mewakili California pada 2017. Saat itu Harris merupakan perempuan kulit hitam kedua yang terpilih menjadi Senator AS.

Menikah dengan Pria Yahudi

Kamala Harris dan suaminya, Douglas Emhoff

Photo :
  • Dok Kamala Harris

Harris menikah dengan seorang pengacara Douglas Craig Emhoff atau Doug Emhoff pada 22 Agustus 2014, di gedung pengadilan Santa Barbara.  

Emhoff lahir dari keluarga Yahudi, Michael dan Barbara Emhoff, di New York City di daerah Brooklyn. Ia besar di New Jersey mulai 1969 hingga 1981, lantas pindah ke California mengikuti keluarganya saat ia masih remaja.

Emhoff menyelesaikan studinya di Agoura High School. Ia meraih gelar sarjana strata satu dari California State University, Northridge dan Juris Doctor pada USC Gould School of Law.

Harris adalah seorang Amerika multiras dan seorang Baptis, ia memegang keanggotaan di Third Baptist Church of San Francisco, yang merupakan bagian dari American Baptist Churches USA.

Ketika Harris menikah dengan Douglas Emhoff, pada tahun 2014, keduanya melangsungkan pernikahan dalam sebuah upacara yang menghormati warisan India Harris dan kepercayaan Yahudi Emhoff. Harris mengalungkan karangan bunga di leher suaminya dan Emhoff menginjak gelas.
  
Kemala Harris adalah istri kedua Douglas Emhoff. Istri pertama Emhoff adalah Kerstin, seorang produser film. Dari pernikahan pertamanya, Emhoff memiliki dua anak, Ella Emhoff dan Cole Emhoff. 

Douglas Emhoff merupakan tokoh Yahudi AS berpengaruh. Tak heran jika tradisi Yahudi kini sangat mewarnai kehidupan Istana Wakil Presiden AS yang diisi Kemala Harris dan Emhoff.

Emhoff menempelkan Mezuzah (sepotong perkamen bertuliskan ayat Ibrani tertentu dari Kitab Taurat) di tiang pintu kediaman resmi Wakil Presiden AS. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya