Alasan Drone 'Gaib' Houthi Buatan Iran Ampuh Jebol Iron Dome Israel

VIVA Militer: Drone tempur milisi Houthi Yaman
Sumber :
  • defense-update.com

Tel Aviv – Ketika milisi Houthi Iran meluncurkan rudal permukaan ke permukaan menuju kota Eilat, di Laut Merah, pada Minggu, 21 Juli 2024 berhasil dicegat oleh sistem pertahanan rudal Arrow 3 Israel, para ahli bertanya-tanya mengapa serangan hari Jumat, 19 Juli 2024, terhadap Tel Aviv tidak terdeteksi sejauh 2.600 kilometer.

Kisah Pilu Gadis 10 Tahun Tewas Dihantam Rudal Israel saat Bermain Sepatu Roda

Serangan terhadap pusat kota Israel pada Jumat dini hari telah memicu penyelidikan mengenai bagaimana milisi Yaman menyusup ke sistem pertahanan udara Israel, tanpa ada alarm yang berbunyi untuk memperingatkan warga agar pergi ke tempat perlindungan.

VIVA Militer: Serangan drone milisi Houthi Yaman

Photo :
  • foxnews.com
PBB Sebut Situasi Kemanusiaan di Gaza dalam Kondisi yang Sangat Buruk

Onn Fennig, CEO R2, produsen anti-drone Israel yang melatih militer internasional seperti angkatan bersenjata Inggris dalam perang anti-drone, mengatakan, “Tidak ada seorang pun di bidang ini yang mengira drone tersebut teridentifikasi pada hari itu. Sistem ini sangat sulit dideteksi karena berbagai alasan."

Drone yang melakukan serangan di kota kedua Israel mampu terbang lebih dari 2.600 kilometer, tanpa terdeksi, yang berarti sistem pertahanan udara dari sekutu pada rute itu tidak langsung melintasi wilayah tersebut. Inggris, Amerika dan Mesir, juga tidak mendeteksi pelanggaran tersebut, menurut Angkatan Udara Israel (IAF)

Utusan Palestina untuk Uni Eropa: Tidak Ada Prospek Serius Stop Perang dan Genosida di Gaza

"IDF mengatakan bahwa drone tersebut telah diidentifikasi dan salah diklasifikasikan, tetapi apa artinya semua sekutu kita salah mengklasifikasikannya?," tanya Fenning, dikutip dari Iran Internasional, Senin, 22 Juli 2024.

Peristiwa khusus ini menimbulkan banyak pertanyaan tentang kemampuan Angkatan Udara Israel dalam mendeteksi ancaman semacam itu.

“Saya pikir IDF memiliki banyak jawaban seperti halnya Kementerian Pertahanan terhadap warga Israel,” katanya.

Diketahui, drone jenis tersebut, yang digunakan oleh Houthi Yaman sangat sulit ditemukan.

"Mereka terbang sangat rendah, sebagian besar berada di bawah radar, mereka menggunakan medan untuk bersembunyi dari radar dan sensor pendeteksi lainnya, dan di banyak tempat, kadang-kadang tanda radarnya rendah, sehingga sulit ditangkap radar,” ucap Fenning.

Selain itu, Drone tersebut seringkali terbuat dari plastik atau komposit karbon, mereka memiliki tanda radar yang rendah, radar lama yang dirancang untuk mendeteksi benda logam.

“Setelah Anda membuat drone ini dari bahan plastik atau komposit, radar tidak lagi cocok sehingga Anda memerlukan teknologi lain untuk mendeteksinya,” tambahnya.

Ilustrasi rudal balistik Houthi Yaman

Photo :
  • AP News

Solusi ini merupakan perpaduan beberapa sistem yang bekerja sama seperti radar, kamera, dan pusat akustik seperti Ukraina sekarang menggunakannya untuk melawan drone Iran di Rusia.

Faktor lain yang membuat drone ini bisa menghindari deteksi adalah jumlah yang lebih sedikit.

“Jika ada lebih banyak, radar mungkin bisa mendeteksinya, tetapi satu atau dua, sistem lama tidak akan bisa mendeteksinya,” katanya.

Hal ini berbeda dengan serangan Israel pada bulan April ketika sekitar 350 drone, roket, dan rudal yang dikirim oleh Iran, dicegat oleh Israel dan koalisi pimpinan AS.

Diketahui, drone terbang di atas Israel tiga hingga lima kali sehari, ketika negara Yahudi itu memerangi proksi Iran di seluruh perbatasannya, termasuk wilayah utara tempat mereka memerangi kelompok teror Hizbullah di Lebanon.

Investigasi oleh Angkatan Udara Israel mengumumkan pada hari Minggu bahwa IAF pada saat infiltrasi sudah bertempur dengan pesawat tak berawak yang didukung Iran dari Irak.

Jumlah pengintai kini meningkat dua kali lipat seiring dengan dampak ancaman yang sampai ke Washington.

IAF mengatakan drone buatan Iran mengambil rute memutar melintasi negara-negara termasuk Eritrea dan Sudan, serta membutuhkan waktu 16 jam untuk mencapai targetnya.

"Mereka melacak drone tersebut selama enam menit ketika mendekati Tel Aviv dari laut, kata IAF pada hari Minggu.

"Siapa pun dapat membuat drone di rumah dengan biaya kurang dari US$ 1.000”, kata Fennig.

“Perang sedang berubah dan keseimbangan antara yang kuat dan yang lemah sedang berubah. Tidaklah ekonomis untuk menembak jatuh quadcopter seharga US$ 1.000 dengan rudal seharga US$ 700.000. Yang berasal dari Yaman dan Iran bisa lebih banyak, hingga US$ 30.000, namun ketidakseimbangan masih ada."

Analis intelijen, Ronen Solomon, seorang konsultan penelitian selama lebih dari satu dekade di Kementerian Pertahanan Israel, mengatakan kepada Iran International bahwa jika ada kesalahan dalam menemukan UAV, bisa jadi mereka mengambil bagian dari pesawat Barat atau bukan musuh, dan menaruhnya di UAV.

"Bagi pengawas yang melihat penerbangan yang datang dari laut atau Mesir ke Tel Aviv dengan identifikasi barat, mereka akan ragu untuk menghentikannya,” katanya.

“Mungkin inilah yang terjadi ketika angkatan udara mengatakan itu adalah kesalahan manusia dan mereka tidak menganggapnya sebagai UAV.”

Dia mengatakan bahwa pada dini hari Jumat pagi ketika drone menyerang sebuah gedung apartemen di pusat Tel Aviv, terdapat banyak penerbangan jarak jauh dengan rute yang sama dengan drone bunuh diri yang diyakini sedang menuju kedutaan AS di garis pantai Israel.

“Saya sekarang berasumsi bahwa pesawat tersebut melakukan perjalanan melalui lalu lintas udara sipil dan mungkin terbang di samping pesawat lain yang juga mendarat di Ben Gurion, jadi jika mereka melihatnya di dekat pesawat, mungkin mereka akan takut melakukan apa yang terjadi di Teheran,” kata Solomon, mengacu pada pesawat Ukraina yang ditembak jatuh oleh IRGC yang menewaskan 176 orang di dalamnya.

Namun, kemungkinan lainnya adalah Israel tidak melihat UAV tersebut. "Kalau terbang di dekat pesawat sipil, mungkin mereka tidak melihatnya, dan mungkin mereka terlambat melihatnya,” ujarnya sambil melanjutkan penyelidikan.

Kelompok Houthi memulai blokade maritim Laut Merah pada bulan November, yang mempengaruhi salah satu rute perdagangan utama dunia.

Sejumlah pelaut tewas dan puluhan lainnya disandera dalam pengepungan yang awalnya menargetkan kapal-kapal terkait Israel namun kini meluas ke pelayaran internasional.

Sejak Pemimpin Tertinggi Iran memberi perintah untuk melakukan blokade pada bulan November, ratusan rudal balistik, rudal jelajah, dan drone telah diluncurkan terhadap Israel dari milisi Yaman yang didukung Iran, dan satu diantaranya mendarat di daerah di luar kota pelabuhan Eilat di selatan Israel, menurut Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Pelabuhan Yaman yang diserang pada hari Sabtu telah digunakan untuk menyelundupkan senjata dari Iran, kata Netanyahu, dengan serangan udara yang menargetkan depot bahan bakar dan lokasi terkait energi dalam upaya untuk melumpuhkan sumber daya ekonomi milisi.

Namun, setelah serangan balasan selama akhir pekan, krisis yang dipicu oleh perang Israel melawan Hamas yang didukung Iran di Gaza semakin meningkat.

Sepah Media dari IRGC mengatakan IRGC Iran telah memberikan persetujuan resmi untuk melakukan serangan balasan sejak serangan Israel akhir pekan tersebut.

Spanduk yang sekarang dipasang di Lapangan Palestina di Teheran memperingatkan bahwa ledakan hari Jumat hanyalah sebuah “ujian” dengan sekawanan drone yang menuju ke kota pusat Israel, dan memperingatkan warga itu untuk lari sekarang.

Dengan nada menantang, Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, mengatakan tanggapan Israel akan terus tegas.

“Darah warga Israel ada harganya. Hal ini sudah jelas terlihat di Lebanon, Gaza, Yaman, dan tempat-tempat lain jika mereka berani menyerang kami, maka hasilnya akan sama.”

VIVA Militer: Drone tempur milisi Houthi Yaman

Photo :
  • defense-update.com

Ketakutannya sekarang adalah jika drone Houthi dapat memasuki wilayah udara Israel, drone tersebut dapat menabrakkan pesawat atau bahkan bandara, kata Solomon.

“Houthi telah menyerang kapal-kapal menggunakan aplikasi pelacakan udara dan laut secara real-time dan yang mengkhawatirkan sekarang adalah jika mereka bisa terbang di dekat pesawat, mereka bisa menyerang pesawat yang sedang dalam perjalanan menuju bandara,” katanya.

Netanyahu juga telah vokal mengenai tanggung jawab Iran atas serangan yang sedang berlangsung dari Yaman dan proksi Republik Islam di wilayah tersebut.

"Serangan pesawat tak berawak yang melanda Israel pada dini hari kemarin menunjukkan bahwa diperlukan lebih dari sekadar tindakan defensif untuk membatasi kelompok Houthi. Tindakan ofensif juga diperlukan. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa proksi teror Iran membayar harga atas agresi mereka yang kurang ajar,” katanya.

Berbicara mengenai blokade maritim, yang telah menyebabkan koalisi lebih dari 20 negara dibentuk dan dipimpin oleh Amerika Serikat, untuk mengusir serangan Houthi, Netanyahu menambahkan, “Komunitas internasional harus melipatgandakan upayanya untuk melindungi jalur air penting ini dan untuk menjaga keamanan jalur laut. Houthi dan Iran yang menjadi sponsor mereka bertanggung jawab atas agresi mereka.”

Dia mengatakan Israel diserang oleh Iran dan proksinya di tujuh front, Houthi di Yaman, Hamas di Gaza, Hizbullah di Lebanon, milisi Syiah di Irak dan Suriah, Iran mendukung serangan teror di Tepi Barat dan serangan langsung dari Iran. pada tanggal 14 April.

Serangan perdana tersebut menyebabkan ratusan proyektil dikirim ke Israel, sebagai pembalasan atas dugaan serangan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus. Namun, sebagian besar serangan itu dicegat oleh Israel dan koalisi pimpinan AS.

"Dalam mempertahankan diri melawan poros teror Iran, Israel berdiri di garis depan melawan rezim yang mengancam seluruh Timur Tengah, dan yang mengancam seluruh dunia,” tambah Netanyahu.

"Semua orang yang berusaha menyakiti kita akan membayar harga yang sangat mahal atas agresi mereka,” ia memperingatkan ketika perang kata-kata semakin meningkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya