AS Kritik Putusan ICJ yang Anggap Pendudukan Israel di Palestina Ilegal

Bendera Amerika Serikat (AS).
Sumber :
  • feelgrafix.com

WashingtonAmerika Serikat (AS), mengkritik keputusan Mahkamah Internasional, yang menyatakan bahwa pendudukan Israel di wilayah Palestina adalah ilegal. Menurut Washington, putusan tersebut akan mempersulit upaya penyelesaian konflik.

Dukungan AS Terhadap Israel Picu Kemarahan di Seluruh Negeri Menjelang Pemilihan Presiden

"Sudah jelas bahwa program pemerintah Israel terhadap pemukiman tidak sejalan dengan hukum internasional dan menghambat upaya perdamaian,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS pada hari Sabtu, 20 Juli 2024.

Bendera Israel.

Photo :
  • thebluegrassspecial.com
Lebanon Siaga Tinggi Jelang Serangan Besar Israel, 150 Rumah Sakit Disiapkan

“Namun, kami khawatir bahwa luasnya pendapat pengadilan akan mempersulit upaya penyelesaian konflik dan mewujudkan perdamaian yang adil dan abadi yang sangat dibutuhkan, dengan dua negara hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan,” tambah Departemen Luar Negeri AS, dikutip dari Alarabiya, Minggu, 21 Juli 2024.

AS mengatakan bahwa pendapat ICJ terkait Israel, yang harus menarik diri sesegera mungkin dari wilayah Palestina, sangat tidak konsisten dengan kerangka kerja yang ada untuk menyelesaikan konflik.

Indonesia Urges Islamic Nations to Boycott Israeli-linked Products

Diketahui, putusan para hakim di ICJ, yang dikenal sebagai Pengadilan Dunia, tidak mengikat, namun memiliki bobot hukum internasional dan dapat melemahkan dukungan terhadap Israel.

“Pemukiman Israel di Tepi Barat dan Yerusalem Timur, dan rezim yang terkait dengannya, telah didirikan dan dipertahankan dengan melanggar hukum internasional,” kata Hakim Ketua Mahkamah Internasional, Nawaf Salam saat membacakan temuannya.

Ilustrasi hewan ternak mati tidak wajar

Kembali Berulah, Pemukim Ilegal Israel Racuni Ternak warga Palestina di Tepi Barat

Pemukim ilegal Israel membunuh 72 domba warga Palestina dengan meracuni air minum ternak tersebut di barat laut Jericho.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2024