Kerangka Dinosaurus Terbesar di Dunia Berusia 150 Juta Tahun Terjual Rp 720 Miliar

Kerangka Apex (Doc: The Sundaily)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

New YorkKerangka dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan, yang dijuluki Apex, terjual dengan harga tertinggi mencapai US$ 44,6 juta (Rp 720,5 miliar), di acara lelang Sotheby's, di New York, pada Rabu, 17 Juli 2024.

Andhika Pratama Siap Lelang Terompet Bekas Ji Chang Wook

Kerangka tersebut diperkirakan berusia 150 juta tahun, Apex juga dikatakan sebagai salah satu kerangka terlengkap yang pernah ditemukan, menurut rumah lelang itu.

Melansir dari The Sundaily, Kamis, 18 Juli 2024, Apex berukuran tinggi 11 kaki (3,3 meter) dan panjang 27 kaki. Dia memiliki 254 elemen tulang fosil dari total perkiraan 319.

Ngeri, Warga Bekasi Dibuat Geger dengan Temuan Kerangka Manusia di Lahan Kosong

Rekor lelang kerangka dinosaurus sebelumnya sebesar US$ 31,8 juta (Rp 513,7 miliar), yang terjadi pada tahun 2020 untuk Tyrannosaurus Rex yang dijuluki “Stan.”

Lelang 7 Surat Utang Negara, Pemerintah Kantongi Rp 22 Triliun

Sotheby's awalnya memperkirakan Apex akan terjual antara US$ 4 juta dan $ 6 juta, namun harga kerangka itu dengan cepat meroket ketika penawar telepon membanjiri penjualan tersebut, sehingga memicu helaan napas dan tepuk tangan di ruang lelang.

Sebagai informasi, Apex ditemukan pada Mei 2022 di tanah pribadi ahli paleontologi Jason Cooper.

Rumah lelang mengatakan pihaknya telah berkolaborasi dengan Cooper untuk mendokumentasikan seluruh proses, mulai dari penemuan dan penggalian hingga restorasi, persiapan dan pemasangan, untuk menjamin standar dan transparansi tertinggi.

Pada tahun 2022, rumah lelang Christie's harus menarik kerangka T-rex beberapa hari sebelum dilelang di Hong Kong, karena keraguan akan keasliannya.

Lelang pada hari Rabu itu juga mengikuti tren peningkatan penjualan sisa-sisa dinosaurus.

Kerangka Stegosaurus sudah dipajang di seluruh dunia, namun menurut Sotheby's, Apex 30 persen lebih besar dari Sophie, stegosaurus terlengkap yang dipamerkan kepada publik hingga saat ini, yang disimpan di Natural History Museum di London.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya