Joe Biden Dinyatakan Positif COVID-19 Lagi

Joe Biden di acara debat kandidat capres AS 2024
Sumber :
  • AP Photo/Gerald Herbert

Washington – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden dinyatakan positif COVID-19 saat melakukan perjalanan ke Las Vegas, pada Rabu, 17 Juli 2024. Biden diketahui mengalami gejala ringan termasuk malaise umum akibat infeksi tersebut, kata Gedung Putih.

Putin Dukung Kamala Harris di Pilpres AS, Trump 'Speechless'

Sekretaris Pers Karine Jean-Pierre mengatakan Biden akan terbang ke rumahnya di Delaware, di mana dia akan mengisolasi diri dan akan terus menjalankan semua tugasnya secara penuh selama waktu tersebut.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Photo :
  • Dok Joe Biden
PM Israel Netanyahu Tegaskan Tak Ada Kesepakatan Gencatan Senjata di Gaza

Berita ini pertama kali disampaikan oleh Presiden dan CEO UnidosUS Janet Murguia, yang mengatakan kepada para tamu di konvensi kelompok tersebut di Las Vegas bahwa presiden telah menyampaikan penyesalannya dan tidak dapat hadir karena dia dinyatakan positif mengidap virus tersebut.

Kevin O’Connor, dokter presiden, mengatakan dalam sebuah catatan bahwa Biden mengalami beberapa gejala.

Cerita Mark Zuckerberg Diintimidasi Pemerintahan Joe Biden saat COVID-19

"Siang ini (presiden) mengalami gejala pernafasan bagian atas, termasuk rhinorhea (pilek) dan batuk non-produktif, serta rasa tidak enak badan secara umum," kata O'Connor, dikutip dari AP, Kamis, 18 Juli 2024.

Setelah tes positif COVID-19, Biden diberi resep obat antivirus Paxlovid dan telah meminum dosis pertamanya.

Sebelumnya, Biden dijadwalkan untuk berbicara di acara UnidosUS di Las Vegas pada Rabu sore sebagai bagian dari upaya untuk menggalang pemilih Hispanik menjelang pemilu November.

Namun, karena terpapar virus tersebut, Presiden AS itu akhirnya berangkat ke bandara untuk terbang ke Delaware, tempat dia berencana menghabiskan akhir pekan pdi rumahnya di Pantai Rehoboth.

Diagnosis presiden tersebut muncul di tengah pengawasan ketat terhadap kesehatan dan staminanya setelah perdebatan sengit dengan mantan Presiden Donald Trump yang memicu kekhawatiran di kalangan Partai Demokrat bahwa Biden tidak siap untuk memenangkan masa jabatan presiden lagi.

Biden dengan hati-hati menaiki Air Force One dan mengatakan kepada wartawan bahwa, “Saya merasa baik-baik saja.” Presiden juga tidak mengenakan masker saat dia berjalan menuju Air Force One.

Presiden sebelumnya berada di restoran Original Lindo Michoacan di Las Vegas, di mana dia menyapa pengunjung dan melakukan wawancara dengan Univision.

Presiden AS Joe Biden menggelar rapat respons serangan Iran ke Israel

Photo :
  • Dok Joe Biden

Biden telah divaksinasi dan saat ini dan sedang menjalani dosis booster tahunan yang direkomendasikan untuk COVID-19.

Vaksin ini terbukti sangat efektif dalam membatasi penyakit serius dan kematian akibat virus ini, yang telah menewaskan lebih dari 1 juta orang di AS sejak pandemi ini dimulai pada tahun 2020.

Paxlovid juga telah terbukti mengurangi kemungkinan penyakit serius dan kematian akibat COVID-19.

Biden terakhir kali dinyatakan positif COVID-19 dua kali pada musim panas 2022. Pejabat kesehatan setempat juga telah melaporkan pelonjakan kasus COVID-19. Ada juga peningkatan nyata dalam hasil tes positif di sebagian besar negara, terutama di bagian barat daya AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya