Jokowi Pamer ke Presiden MBZ soal Kapal Perang UAE Bikinan RI

Presiden Joko Widodo disambut upacara kenegaraan di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA), pada Rabu, 17 Juli 2024 (Doc: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Abu Dhabi – Presiden Joko Widodo (Jokowi), memamerkan pencapaian Indonesia, yang berhasil membuat kapal perang untuk armada angkatan laut Uni Emirat Arab (UEA) saat bertemu dengan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Syeikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau Pangeran MBZ di Istana Qasr Al Watan, Abu Dhabi.

Resmikan Bendungan Leuwikeris, Jokowi Ungkap Manfaatnya

Jokowi menjelaskan bahwa perusahaan galangan kapal pelat merah, PT PAL Indonesia, bakal menggarap kapal perang berjenis landing platform dock.

"Kita juga ada kerja sama pembangunan kapal LPD untuk angkatan laut UEA oleh PT PAL Indonesia," kata Jokowi dalam pertemuan yang dilakukan pada Rabu, 17 Juli 2024.

Jokowi Optimis Pembangunan Infrastruktur Tingkatkan Efisiensi Logistik

Presiden Jokowi Bersama Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ)

Photo :
  • Antara

Diketahui, pada 2023, PT PAL Indonesia telah melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama strategis dengan perusahaan lokal UEA Marakeb Technologies LLC bidang sistem persenjataan bagi proyek Kapal Landing Platform Dock (LPD).

Jokowi Bakal Hadiri Rapimnas Partai Gerindra

PT PAL akan membangun kapal LPD terbesar yang pernah diproduksi di Indonesia yaitu sepanjang 163 meter dengan persenjataan lengkap.

Sebagai kapal multiperan, LPD tidak hanya mampu mengangkut pasukan, tetapi juga mengangkut berbagai kendaraan tempur serta helikopter dengan kapasitas helipad buat 3 helikopter dan 1 heli hangar.

Di samping itu, ada LPD yang dilengkapi 4 landing craft vehicle personel (LCVP) dan 2 landing craft utility (LCU) sehingga kemampuan debarkasi pasukan menjadi lebih optimal, bahkan juga ada yang dilengkapi sensor weapon and command (sewaco). Terlebih PT PAL juga menyuguhkan berbagai fitur equipment pendukung di kapal seperti vehicle lift, passenger lift, turn table, snatch winch.

Kapal LPD PT PAL yang sudah melalui berbagai lautan dunia yaitu KRI Banjarmasin-592, KRI Banda Aceh-593, kemudian ada KRI Semarang-594, KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, termasuk dua kapal LPD untuk tentara AL Filipina yaitu BRP Tarlac-601 dan BRP Davao Del Sur-602.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi disambut upacara kenegaraan di Qasr Al Watan. Saat tiba di gerbang Qasr Al Watan, rangkaian kendaraan Presiden Jokowi melewati pasukan berkuda dan berunta, pemusik tradisional, dengan diiringi dentuman meriam 21 kali.

Setibanya di depan pintu masuk Qasr Al Watan, Presiden Jokowi langsung disambut oleh Presiden MBZ. Keduanya bersalaman kemudian berfoto bersama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya