ISIS Serang Masjid Syiah di Oman saat Peringatan Asyura, 6 Orang Tewas 30 Luka-luka

Bendera ISIS.
Sumber :
  • CNN Photo

Muscat – Enam orang termasuk empat warga Pakistan tewas dan hampir 30 lainnya luka-luka dalam penembakan di dekat masjid Syiah di ibu kota Oman, Muscat kata para pejabat Selasa, sebuah serangan yang jarang terjadi di kesultanan Teluk yang stabil.

2 Teroris Jamaah Ansharut Daulah Dicokok di Bima, Begini Perannya

Dikutip dari NDTV, serangan terhadap masjid pada hari Senin itu terjadi ketika kaum Syiah minggu ini memperingati Asyura, hari berkabung tahunan yang memperingati kematian abad ketujuh dalam pertempuran Imam Hussein, yang dianggap oleh sekte tersebut sebagai penerus sah Nabi Muhammad.

“Polisi Kerajaan Oman telah menanggapi insiden penembakan yang terjadi di sekitar masjid di kawasan Al-Wadi Al-Kabir,” kata polisi.

Ilustrasi kasus penembakan

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Tiga pria bersenjata di balik serangan itu tewas dan petugas polisi telah “menyelesaikan prosedur untuk menangani penembakan tersebut,” katanya.

Pasca Pensiun dari Sepakbola, Mesut Oezil Sibuk Jadi Marbot Masjid

Kelompok ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, dan mengatakan bahwa tiga pejuangnya berada di balik penembakan yang menargetkan "kaum Syiah yang sedang menjalankan ritual tahunan mereka" pada saat masa berkabung suci Asyura.

Saluran propaganda kelompok tersebut, Aamaq, mengatakan melalui saluran Telegramnya bahwa para pejuang ISIS "menembak dengan senapan mesin ke arah jamaah Syiah” sebelum bentrok dengan pasukan keamanan Oman.

Ilustrasi mayat/jenazah.

Photo :
  • Pixabay.

Kementerian luar negeri di Islamabad mengatakan setidaknya "empat warga Pakistan menjadi martir akibat tembakan dalam serangan teroris yang keji di masjid Ali bin Abi Thalib. Sebanyak 30 warga Pakistan lainnya terluka,"  tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya