Warga Kanada Ngamuk Setelah KFC Umumkan Olahan Ayam Sesuai Hukum Islam

Ayam goreng KFC
Sumber :
  • independent.co.uk

OttawaKFC Kanada menjadi pusat kontroversi setelah mengumumkan bahwa mereka akan beralih menyajikan ayam yang diolah sesuai dengan hukum Islam.

Produk Nasabah PNM Mekaar Laris Manis di Tokyo Gift Show 2024

Pada awal bulan Mei, jaringan restoran cepat saji tersebut mengumumkan bahwa mereka akan mulai menyajikan ayam bersertifikat halal dan menghentikan produk daging babi di sebagian besar restorannya di provinsi Ontario, yang merupakan rumah bagi komunitas Muslim terbesar di Kanada.

Ini merupakan upaya KFC untuk menyediakan makanan yang lebih beragam dan inklusif bagi pelanggannya.

Taspen Catat Jumlah Peserta Capai 6,7 Juta hingga Agustus 2024

"Transisi ini berdampak pada seluruh gerai KFC di wilayah tenggara, kecuali gerai di Thunder Bay dan ibu kota Ottawa, meskipun perubahan ini akan diterapkan di seluruh negeri pada akhir tahun ini," kata gerai tersebut dalam pernyataan mereka, dikutip dari Middle East Eye, Kamis, 11 Juli 2024.

Meski demikian, pengguna media sosial justru terpecah mengenai perubahan tersebut

'Brand' Bukan Hanya Sebuah Nama

Beberapa orang lainnya justru merayakan langkah yang diambil oleh KFC, dengan mengatakan bahwa mereka akan memberikan lebih banyak pilihan makanan.

Ayam KFC

Photo :
  • Instagram/kfcindonesia

Ribuan lainnya justru turun ke media sosial, dan marah karena KFC malah menyajikan produk halal selama hampir dua bulan dalam aksi boikot.

Beberapa orang berpendapat bahwa daging halal adalah sebuah bentuk penyiksaan yang biadab, dan menuduh bahwa keputusan KFC adalah tanda akan segera diambil alihnya negara tersebut oleh umat Islam, yang berjumlah sekitar 4,9 persen dari populasi Kanada.

Dalam yurisprudensi Islam, aturan untuk produk “halal" atau "diizinkan" dalam bahasa Inggris, mencakup pengadaan, penyiapan, dan pemasakan makanan dan minuman.

Hal ini juga mencakup pedoman khusus untuk daging, yang dikritik oleh aktivis kesejahteraan hewan dan kelompok sayap kanan karena dianggap tidak manusiawi, karena hewan tidak dipingsankan sebelum disembelih.

Pengguna media sosial lainnya menuduh bahwa sertifikasi halal akan mengarah pada penegakan syariah atau hukum Islam di Kanada, dan berpendapat bahwa pengumuman KFC adalah tanda bahwa minoritas justru berusaha berisik mendikte kebijakan.

Beberapa pengguna lain mengecam tindakan ini sebagai rasis atau Islamofobia.

“Saat Anda melihat tagar #BoycottKFC menjadi tren dan Anda (sekarang) tiba-tiba teringat betapa banyak orang rasis bodoh yang hidup di antara kita,” tulis salah satu pengguna di X.

Yang lain berkata, "Jika Anda kesal dengan @KFC_Canada yang menggunakan ayam halal, ternyata itu hanya karena Anda mengidap Islamofobia. Semoga Anda bisa melewati kebencian bodoh dan rasisme Anda."

Para pejabat dan pengawas hak asasi manusia di Kanada telah melaporkan peningkatan yang mengkhawatirkan dalam insiden anti-Muslim dan antisemit di negara tersebut sejak dimulainya perang Israel di Gaza pada bulan Oktober.

Tahun lalu, laporan komite Senat Kanada menemukan bahwa Islamofobia “sangat” mengakar di masyarakat Kanada, dan mencatat bahwa kelompok kebencian sayap kanan dan anti-Muslim semakin meningkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya