Putin Sanjung PM India Modi atas Upaya Penyelesaian Krisis di Ukraina

Presiden Rusia Berterima Kasih ke PM India atas Penyelesaian Krisis di Ukraina
Sumber :
  • Anadolu Ajansi

VIVA – Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri India, Narendra Modi, pada hari Selasa 9 Juli 2024 atas upayanya dalam mencari resolusi damai untuk krisis Ukraina

Putin Menyatakan Dukungan untuk Kamala Harris Setelah Biden Mengundurkan Diri, AS Mengkritik

"Saya berterima kasih kepada Anda atas perhatian yang Anda berikan pada masalah-masalah yang paling mendesak, termasuk upaya menemukan beberapa cara untuk menyelesaikan krisis Ukraina," kata Putin selama pertemuannya dengan Modi di Moskow.

Presiden Rusia memuji perkembangan hubungan Rusia-India dan mencatat bahwa tahun ini menandai peringatan 77 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara kedua negara.

Misi Pukul Balik Pasukan Ukraina, Jet Pembom Rusia Bombardir Kursk

"Saat ini, hubungan kita memiliki karakter kemitraan strategis yang sangat istimewa. Kami terus berhubungan dengan Anda dan memberikan perhatian khusus pada pengembangan hubungan perdagangan dan ekonomi, yang pengembangannya, tentu saja, sesuai dengan kepentingan rakyat India dan rakyat Federasi Rusia," katanya.

Putin menunjukkan pertumbuhan pesat perdagangan bilateral antara Rusia dan India, dengan mencatat bahwa pada tahun 2023, omzet perdagangan meningkat sebesar 66% dan pada kuartal pertama tahun 2024, bertambah lagi sebesar 20%.

Gempuran Rusia Makin Brutal, Inggris Pasok 600 Lebih Rudal ke Ukraina

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Modi atas kerja sama yang erat di platform internasional, termasuk PBB dan Organisasi Kerjasama Shanghai dan mengundangnya untuk menghadiri pertemuan puncak BRICS yang dijadwalkan pada 22-24 Oktober di Kazan, Rusia.

Modi, pada gilirannya, menyatakan keyakinannya bahwa hanya jalan damai dan dialog yang cocok untuk menyelesaikan konflik global.

"Selama lima tahun terakhir, dunia menghadapi berbagai tantangan, pertama karena (pandemi) COVID-19, kemudian karena berbagai konflik. Rudal dan proyektil tidak cocok untuk menyelesaikan masalah. Kami yakin, yang dibutuhkan hanyalah cara dialog yang damai," tegasnya.

Perdana Menteri India memuji kerja sama energi antara Rusia dan India dengan mengatakan hal itu telah memastikan stabilitas energi di dunia.

"Seluruh dunia harus mengakui bahwa berkat kerja sama India-Rusia di bidang energi, stabilitas di pasar global telah terjamin. Seluruh dunia tengah menghadapi krisis di sektor bahan bakar, tetapi berkat kerja sama kita, kita mampu menghindari kesulitan apa pun bagi warga biasa India," katanya.

Modi juga menyampaikan belasungkawa atas serangan teroris baru-baru ini di Rusia dan mengutuk segala bentuk terorisme.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya