Menteri Keamanan Israel Kritik PM Benjamin Netanyahu

PM Israel Benyamin Netanyahu di acara peringatan Holocaust di Jerusalem, 6/5
Sumber :
  • Amir Cohen/Pool Photo via AP

Tel AvivMenteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir mengkritik Perdana Menteri, Benjamin Netanyahu, pada Senin, 8 Juli 2024.

Dasco Bilang Jatah Menteri dari Gerindra Sedikit, Sudah Ada Nama-namanya

Dia mengatakan bahwa Netanyahu membuat keputusan sendiri dan mengisolasi mitra-mitranya di pemerintahan. Ben-Gvir melontarkan komentarnya dalam konteks penolakan Netanyahu untuk memasukkannya ke dalam kabinet perang.

Ketua partai Kekuatan Yahudi, yang memiliki enam dari 120 kursi di Knesset, menulis di X, “Ketika Perdana Menteri berperilaku sebagai pemerintahan satu orang (bertindak sendirian), membuat keputusan sendiri, dan mengisolasi mitra alaminya dalam pemerintahan, termasuk rapat kabinet yang dikosongkan dari konten yang bermakna, hal ini tidak dapat ditoleransi.”

Anak Eks Menteri Soeharto Meninggal Dunia saat Rumahnya Dieksekusi Pengadilan

Melansir pada Middle East Monitor, Kamis, 11 Juli 2024, pada 9 Juni lalu, dua anggota kabinet perang dari partai Kamp Negara, Benny Gantz dan Gadi Eisenkot, mengumumkan pengunduran diri mereka.

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu

Photo :
  • Menahem Kahana/Pool Photo via AP
Kembali Berulah, Pemukim Ilegal Israel Racuni Ternak warga Palestina di Tepi Barat

Kemudian, menurut media Israel, kabinet perang dibubarkan, namun Netanyahu terus berkonsultasi mengenai pengelolaan perang dengan kelompok yang lebih kecil, yang melibatkan Menteri Pertahanan Yoav Gallant, ketua partai Shas Aryeh Deri, Menteri Urusan Strategis Ron Dermer dan ketua Dewan Keamanan Nasional Tzachi Hanegbi.

Media lokal, Yedioth Ahronoth dari Israel mengatakan bahwa jika permintaan mereka agar Ben-Gvir bergabung dengan kabinet perang tidak dipenuhi, mereka akan mengganggu kerja koalisi, termasuk dengan mengganggu pemungutan suara.

Ben-Gvir juga menyebutkan manajemen perang Israel di beberapa bidang, dengan mengatakan, “Kami mengalami kesulitan di Gaza, di perbatasan utara, memborgol (tentara). Kami sedang melakukan perundingan dengan syarat pembukaan yang bebas pilih-pilih, menuju penyelesaian politik yang sepenuhnya menyerah pada terorisme di semua lini.”

Menteri Keuangan Israel, Bezalel Smotrich juga telah mengancam lebih untuk menarik diri dari pemerintahan koalisi jika kesepakatan pertukaran tahanan tercapai dengan Hamas yang akan menghentikan perang.

Negosiasi tidak langsung antara Israel dan Hamas, yang dimediasi oleh Mesir dan Qatar, akan berlangsung di Doha dan Kairo dalam beberapa hari mendatang.

Menurut sumber-sumber Israel yang tidak disebutkan namanya, negosiasi mungkin memakan waktu satu bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya