Boeing Siapkan Rp 8,1 T untuk Keluarga Korban Kecelakaan Lion Air dan Ethiopian Airlines

Petugas gabungan Basarnas, PMI, dan Polri mengevakuasi puing pesawat Lion Air JT 610 pascakecelakaan, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

WashingtonBoeing setuju untuk membayar US$ 2,5 miliar (Rp 40,6 triliun) untuk menyelesaikan tuntutan pidana AS karena mereka menyembunyikan informasi dari pejabat keselamatan tentang desain pesawat 737 Max miliknya.

Putin Dukung Kamala Harris di Pilpres AS, Trump 'Speechless'

Departemen Kehakiman AS mengatakan perusahaan tersebut memilih keuntungan daripada keterusterangan, sehingga menghambat pengawasan terhadap pesawat-pesawat tersebut, yang terlibat dalam dua kecelakaan mematikan, yakni pesawat Lion Air dan Ethiopian Airlines pada 2018-2019.

Pesawat Boeing 737 Max.

Photo :
  • AP Photo/Elaine Thompson
PTPN Gandeng Perusahaan Teh Asal China, Perluas Pasar Internasional

Sekitar US$ 500 juta (Rp 8,1 triliun) akan diberikan kepada keluarga dari 346 orang yang tewas dalam tragedi tersebut.

Boeing juga mengatakan perjanjian tersebut mengakui betapa perusahaannya telah “gagal” menjaga keamanan dan kepercayaan pelanggan.

Rupiah Dibuka Perkasa ke Level Rp 15.420 per Dolar AS, Investor Soroti Ini

Kepala eksekutif Boeing David Calhoun berkata, “Saya sangat yakin bahwa menyetujui resolusi ini adalah hal yang benar untuk kita lakukan, ini sebuah langkah untuk mengakui betapa kita gagal memenuhi nilai-nilai dan harapan kita."

“Resolusi ini merupakan pengingat serius bagi kita semua betapa pentingnya kewajiban kita terhadap transparansi kepada regulator, dan konsekuensi yang dapat dihadapi perusahaan kita jika ada di antara kita yang gagal memenuhi harapan tersebut," ujar Calhoun, dikutip dari BBC Internasional, Selasa, 9 Juli 2024.

Departemen Kehakiman juga mengatakan para pejabat Boeing telah menyembunyikan informasi tentang perubahan pada sistem kontrol penerbangan otomatis, yang dikenal sebagai MCAS, yang penyelidikannya dikaitkan dengan kecelakaan di Indonesia dan Ethiopia pada tahun 2018 dan 2019.

Keputusan tersebut berarti bahwa manual pelatihan pilot kekurangan informasi tentang sistem, sehingga mengabaikan perintah pilot berdasarkan data yang salah, dan memaksa pesawat menukik tajam setelah lepas landas.

Boeing tidak bekerja sama dengan penyelidik selama enam bulan, kata DOJ.

“Kecelakaan tragis Lion Air Penerbangan 610 dan Ethiopian Airlines Penerbangan 302 mengungkap tindakan curang dan menipu yang dilakukan oleh karyawan salah satu produsen pesawat komersial terkemuka di dunia,” ucap Penjabat Asisten Jaksa Agung David Burns.

"Karyawan Boeing memilih jalur keuntungan daripada keterusterangan dengan menyembunyikan informasi penting dari FAA mengenai pengoperasian pesawat 737 Max dan berupaya menutupi penipuan mereka."

Berdasarkan ketentuan perjanjian, Boeing didakwa dengan satu tuduhan konspirasi, yang menipu pemerintah AS, yang akan diberhentikan setelah tiga tahun jika perusahaan tersebut terus mematuhi perjanjian itu.

Dari total penyelesaian, Boeing akan membayar secara keseluruhan senilai US$ 1,77 miliar (Rp 17,5 triliun), beberapa di antaranya telah dibayarkan, dan akan dibayarkan kepada pelanggan maskapai penerbangan perusahaan, yang terkena dampak larangan terbang pesawat setelah kecelakaan tersebut.

Perusahaan juga setuju untuk membayar denda sebesar US$ 243,6 juta (Rp 3,9 triliun).

Pesawat Boeing 737 MAX mendarat di Bandara Seattle, Wasington, AS

Photo :
  • Mike Siegel/The Seattle Times

Namun, pengacara para korban kecelakaan Ethiopian Airlines mengatakan kesepakatan itu tidak akan mengakhiri tuntutan perdata mereka yang tertunda terhadap Boeing.

“Tuduhan dalam perjanjian penuntutan yang ditangguhkan hanyalah puncak gunung es dari kesalahan Boeing, sebuah perusahaan yang membayar miliaran dolar untuk menghindari tanggung jawab pidana sambil berdiam diri dan melawan keluarga (korban) di pengadilan,” kata sebuah pernyataan dari kelompok pengacara yang mewakili mereka.

Mereka menambahkan bahwa FAA seharusnya tidak mengizinkan 737 Max kembali beroperasi sampai semua kekurangan pesawat tersebut diatasi dan menjalani tinjauan keselamatan yang transparan dan independen.

Boeing mengatakan pihaknya kini telah mengatasi kekhawatiran mengenai Max, sementara pesawat tersebut kembali beroperasi di AS pada bulan Desember.

Tuduhan terhadap Boeing adalah bahwa karyawannya menggunakan pernyataan menyesatkan, setengah benar dan tidak ada, untuk menipu regulator yang bertugas menjaga keselamatan penerbangan AS.

Dalam keadaan seperti ini, bisa dikatakan perusahaan mengalami kemajuan yang relatif ringan.

Mereka bahkan menghindari penuntutan, dan sebagian besar penyelesaiannya melibatkan kompensasi kepada maskapai penerbangan, yang mungkin akan tetap dibayarkan dalam jumlah yang wajar.

Perusahaan pasti ingin menggunakan momen ini untuk menandai salah satu episode paling traumatis dalam sejarahnya.

Namun ketika 737 Max kembali mengudara, pengawasan Boeing dan FAA sepertinya tidak akan berhenti sampai di sini.

Kritikus, termasuk keluarga korban, pengacara dan politisi, bersikeras bahwa masih banyak pertanyaan serius mengenai pesawat tersebut, dan mereka masih berusaha mencari jawabannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya