Ngaku Bersalah Dalam Kecelakaan 737 MAX, Nota Pembelaan Boeing 'Bikin' Murka Keluarga Korban

Boeing 737 Max
Sumber :
  • Boeing

Washington – Keputusan Boeing untuk mengaku bersalah atas tuduhan kejahatan dalam dua kecelakaan pesawat yang menewaskan 346 orang menandai upaya untuk membuka babak baru setelah keributan dan investigasi selama setengah dekade.

Kronologi Truk Tangki Kecelakaan Beruntun di Jakut Akibatkan 5 Orang Meninggal

Meski demikian, reaksi langsung terhadap kesepakatan tersebut, yang diumumkan pada Minggu, 7 Juli 2024, menunjukkan bahwa kesepakatan tersebut tidak akan mudah untuk dilakukan.

Korban selamat dari kecelakaan pesawat 737 Max di Indonesia dan Ethiopia mencemooh nota pembelaan Boeing dengan menyebutnya sebagai soft landing bagi raksasa dirgantara tersebut.

Kecelakaan Beruntun di Plumpang diduga Akibat Sopir Truk Kena Serangan Jantung

Pesawat Boeing 737 di Senegal (Doc: CNA)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Senada dengan sejumlah kritik lainnya, mereka berpendapat bahwa kesepakatan tersebut gagal untuk meminta pertanggungjawaban masing-masing eksekutif, dan pada saat yang sama memungkinkan Boeing untuk menghindari pengakuan hukum bahwa kesalahan teknis dan keselamatan yang dilakukannya menyebabkan kematian tersebut.

Truk Tangki Kecelakaan Beruntun di Jakarta Utara, 3 Orang Tewas

“Mereka tidak berusaha melakukan apa pun dalam hal keadilan, dalam hal perubahan, dalam hal akuntabilitas,” kata Nadia Milleron, yang putrinya berusia 24 tahun tewas dalam kecelakaan Ethiopian Airlines pada tahun 2019, tentang kesepakatan tersebut.

"Mereka mencoba untuk meneruskan kasus ini," sambungnya, dikutip dari Washington Post, Selasa, 9 Juli 2024.

Masyarakat umum, katanya, tidak menyadari bahwa ini adalah sebuah tamparan, jika tidak ada perubahan berarti dalam hal keselamatan.

Satu-satunya tuduhan penipuan berasal dari pengakuan perusahaan bahwa dua karyawannya memanipulasi Administrasi Penerbangan Federal (FAA), tentang pengoperasian sistem kendali otomatis yang terlibat dalam kedua kecelakaan tersebut.

Pengakuan bersalah tersebut menyusul temuan Departemen Kehakiman pada bulan Mei bahwa Boeing gagal memperkuat sistem internal untuk mendeteksi dan melaporkan penipuan, serta melanggar perjanjian penundaan penuntutan tahun 2021, yang memungkinkannya menghindari dakwaan sebelumnya.

Javier de Luis, dosen di departemen aeronautika dan astronotika di MIT yang kehilangan saudara perempuannya, Graziella de Luis y Ponce dalam kecelakaan Ethiopian Airlines, mengatakan dia senang Boeing mengaku bersalah, tetapi perjanjian itu tidak cukup.

“Ini adalah kesepakatan yang sesuai dengan kejahatan kerah putih di mana tidak ada korban jiwa,” katanya.

“Tindakan Boeing menyebabkan kematian 346 orang. Kesepakatan ini membuat setiap orang yang meninggal menjadi catatan sejarah dalam hal ini," lanjutnya.

Departemen Kehakiman menolak anggapan bahwa Boeing tidak bertanggung jawab, dengan menyatakan bahwa selain mengharuskan perusahaan tersebut tunduk pada pengawasan yang dilakukan oleh pemantau independen, perjanjian tersebut juga mengharuskan Boeing melakukan investasi bersejarah untuk memperkuat dan mengintegrasikan kepatuhan dan program keselamatan setidaknya US$ 455 juta (Rp 7,4 triliun) selama tiga tahun ke depan.

Boeing juga telah mengambil langkah-langkah dalam beberapa bulan terakhir yang dikatakannya telah memperbaiki keadaan, seperti merencanakan perombakan kepemimpinan, menerapkan tindakan korektif di pabrik-pabriknya dan mengakuisisi salah satu pemasok terbesarnya untuk mendapatkan kendali yang lebih kuat atas produksi.

Selama tur media baru-baru ini, salah satu eksekutifnya mengatakan perusahaan raksasa itu sedang melakukan “introspeksi” atas manufaktur pesawat dan prosedur keselamatan.  

Namun, beberapa analis mempertanyakan apa yang diperlukan untuk membalikkan keadaan perusahaan, meski mereka kalah bersaing dengan satu-satunya pesaing sebenarnya, Airbus.

Pengakuan bersalah tersebut merupakan pengingat akan betapa mendalamnya permasalahan yang dihadapi perusahaan, yang dapat ditelusuri kembali ke tahun 2010-an dan diperburuk oleh ledakan di udara pada panel pintu pesawat di pesawat Alaska Airlines pada bulan Januari.

Meskipun perannya sebagai pemain kunci dalam sistem penerbangan global dan kehadirannya yang besar dalam pertahanan nasional dan eksplorasi ruang angkasa, Boeing mendapati dirinya hanya memiliki sedikit sekutu ketika perusahaan tersebut mengalami kesulitan.

Regulator di FAA pun telah membatasi jumlah jet yang dapat diproduksi Boeing setiap bulannya.

Perusahaan ini juga berselisih dengan para penyelidik di Dewan Keselamatan Transportasi Nasional, yang mengatakan mereka menyembunyikan informasi penting untuk penyelidikan atas ledakan panel pintu.

Penyelidik Senat terus melakukan pengungkapan tentang tuduhan pelapor tentang lemahnya pengawasan keselamatan dan pengerjaan yang buruk.

“Kesepakatan pembelaan ini tidak bisa menjadi akhir dari akuntabilitas Boeing,” ucap Senator Richard Blumenthal (D-Conn.), ketua Subkomite Permanen untuk Investigasi.

“Perlunya upaya investigasi agresif dan tindakan lainnya yang berkelanjutan sudah jelas."

Pesawat Boeing 737 Max.

Photo :
  • AP Photo/Elaine Thompson

Mengingat banyaknya berita buruk, para analis mengatakan Boeing tidak punya pilihan selain mengaku bersalah atas penipuan tersebut.

“Reputasi Boeing telah merosot begitu rendah sehingga tidak ada bedanya,” kata Nick Cunningham, analis kedirgantaraan di Agency Partners di London.

Sebuah persidangan berisiko merusak pengungkapan baru, menurut Cunningham, sementara mengakui suatu kejahatan tidak akan banyak merugikan perusahaan pada saat ini.

"Uji coba juga akan mengganggu CEO yang akan dilantik perusahaan pada akhir tahun untuk menggantikan Dave Calhoun," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya