Biden Akui 'Kacaukan' Debat Lawan Trump, Namun Ogah Mundur dari Pilpres AS

Joe Biden di acara debat kandidat capres AS 2024
Sumber :
  • AP Photo/Gerald Herbert

VIVA – Presiden AS Joe Biden telah mengakui bahwa ia "mengacaukan" penampilannya dalam debat melawan Donald Trump pekan lalu, namun ia berjanji untuk terus berjuang dalam pemilu dan berusaha meyakinkan sekutu-sekutu utamanya.

AHY Bicara Restu SBY Sebelum Usung Cagub-cawagub di Pilkada 2024

Dia mengatakan kepada stasiun radio Wisconsin bahwa dia membuat "kesalahan" dengan kinerjanya yang buruk, namun mendesak para pemilih untuk menilai dia berdasarkan pengalamannya di Gedung Putih.

Donald Trump dan Joe Biden di acara debat kandidat capres AS 2024

Photo :
  • AP Photo/Gerald Herbert
Data C Hasil Hilang Bikin Demokrat Laporkan KPU Kota Serang ke Polda

Pada hari Rabu, ketika laporan menunjukkan bahwa dia sedang mempertimbangkan masa depannya, dia berusaha menenangkan para senior Partai Demokrat termasuk gubernur negara bagian dan staf kampanye.

“Saya calon dari Partai Demokrat. Tidak ada yang mendorong Saya keluar. Saya tidak akan pergi,” katanya dalam seruan untuk kampanye yang lebih luas, kata seorang sumber kepada BBC News.

Plt Ketua KPU Akui Punya Tugas yang Sangat Berat Selenggarakan Pemilu

Biden bergabung dalam panggilan telepon tersebut dengan Wakil Presiden Kamala Harris, yang menegaskan kembali dukungannya. Spekulasi meningkat mengenai apakah ia dapat menggantikan presiden sebagai kandidat dari partai tersebut menjelang pemilu bulan November.

Email penggalangan dana yang dikirim setelah seruan kampanye Biden-Harris juga bersifat bullish. “Izinkan saya mengatakan ini sejelas dan sesederhana mungkin: Saya mencalonkan diri,” kata Biden.

Pertanyaan yang muncul adalah apakah pemimpin berusia 81 tahun itu akan melanjutkan kampanyenya menyusul perdebatan yang ditandai dengan kekosongan kata-kata dan suara yang lemah.

Hal ini memicu kekhawatiran di kalangan Demokrat mengenai kelayakannya untuk menjabat dan kemampuannya memenangkan pemilu.

Tekanan terhadap Biden untuk keluar dari jabatannya semakin meningkat karena semakin banyak jajak pendapat yang menunjukkan bahwa saingannya dari Partai Republik semakin unggul.

Jajak pendapat New York Times yang dilakukan setelah debat tersebut, yang diterbitkan pada hari Rabu, menunjukkan bahwa Trump kini memegang keunggulan terbesarnya, yakni enam poin.

Dan jajak pendapat terpisah yang diterbitkan oleh mitra BBC di AS, CBS News, menunjukkan bahwa Trump unggul tiga poin atas Biden di negara-negara bagian yang menjadi medan pertempuran penting.

Jajak pendapat yang merugikan Biden ini diperparah oleh beberapa donor dari Partai Demokrat dan anggota parlemen yang secara terbuka meminta presiden untuk menyingkir. Di antara mereka adalah Ramesh Kapur, seorang industrialis India-Amerika yang berbasis di Massachusetts, yang telah mengorganisir penggalangan dana untuk Partai Demokrat sejak tahun 1988.

“Saya pikir sudah waktunya dia menyerahkan obornya,” kata Kapur kepada BBC. “Saya tahu dia punya dorongan, tapi Anda tidak bisa melawan Alam.”

Joe Biden Janji Tidak Deportasi Warga Palestina dari Amerika Serikat

Photo :
  • New York Post

Dan dua anggota Partai Demokrat di Kongres juga menyerukan perubahan di jajaran pimpinan partai. Yang kedua, Perwakilan Raul Grijalva dari Arizona, mengatakan kepada New York Times bahwa sudah waktunya bagi Partai Demokrat untuk “mencari tempat lain”.

Meskipun demikian, Gedung Putih dan tim kampanye Biden dengan keras membantah laporan bahwa dia secara aktif mempertimbangkan masa depannya dan mengatakan dia berkomitmen untuk mengalahkan Trump untuk kedua kalinya pada tanggal 5 November.

The New York Times dan CNN melaporkan pada hari Rabu bahwa Biden telah memberi tahu sekutunya yang tidak disebutkan namanya bahwa dia sadar bahwa upayanya untuk terpilih kembali berada dalam bahaya. Penampilannya yang akan datang – termasuk wawancara ABC News dan rapat umum hari Jumat di Wisconsin – sangat penting bagi kampanyenya, katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya