Gedung Putih Bantah Joe Biden Mundur dari Pilpres 2024

Gerbang Gedung Putih (Doc: AP Photo)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

WashingtonGedung Putih memberikan bantahan terkait dugaan Presiden Joe Biden, yang akan mundur dari pencalonan presiden Amerika Serikat.

Rupiah Dibuka Melemah Jelang Akhir Pekan, Ada Potensi Penguatan

"Joe Biden sama sekali tidak menarik diri dari pencalonan presiden," kata Gedung Putih, pada Rabu, 3 Juli 2024.

Joe Biden di acara debat kandidat capres AS 2024

Photo :
  • AP Photo/Gerald Herbert
Tak Cuma Amerika, Negara Eropa Ini Pendukung Terbesar Genosida Israel di Gaza

Gejolak mundurnya Joe Biden terjadi ketika tekanan meningkat terhadap presiden tersebut menyusul kinerja buruknya dalam debat melawan Donald Trump.

Kepanikan telah mencengkeram Partai Demokrat setelah debat pekan lalu, dan keributan internal mengenai pencarian calon pengganti Biden sebelum pemilu November diperkuat oleh jajak pendapat yang menunjukkan Trump semakin unggul.

Licik, Netanyahu Kirim Bos Intelijen Israel Buat Negosiasi dengan Hamas

The New York Times dan CNN melaporkan bahwa Biden, telah mengakui kepada sekutu utamanya bahwa upayanya untuk terpilih kembali akan dipertaruhkan jika dia gagal untuk meyakinkan publik bahwa dia masih mampu menjabat.

Juru bicara Gedung Putih, Karine Jean-Pierre langsung menolak laporan tersebut, dan menegaskan bahwa Biden sama sekali tidak berniat mundur dari jabatannya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

“Presiden mempunyai pandangan yang jernih dan dia tetap ikut dalam persaingan,” ucapnya kepada wartawan, dikutip dari NDTV, Kamis, 4 Juli 2024.

Donald Trump dan Joe Biden di acara debat kandidat capres AS 2024

Photo :
  • AP Photo/Gerald Herbert

Biden juga mengakui dalam percakapan telepon dengan staf kampanye dan staf partai bahwa jawaban-jawabannya yang tidak koheren dan tidak fokus terhadap Trump telah merugikan dirinya, menurut laporan beberapa media. Namun, dia bersikeras mengatakan bahwa dirinya akan bersaing dalam jangka panjang.

"Izinkan saya mengatakan ini sejelas mungkin, sesederhana dan sejelas mungkin. Saya sedang berlari, tidak ada seorang pun yang mendorong saya keluar. Saya tidak akan pergi. Saya berada dalam perlombaan ini sampai akhir dan kami akan menang," kata Biden menurut Politico.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya