Tampil Buruk di Debat Capres AS 2024, Biden Tak Berpikir untuk Mundur dari Pilpres

Joe Biden di acara debat kandidat capres AS 2024
Sumber :
  • AP Photo/Gerald Herbert

Washington – Kantor kepresidenan Amerika Serikat, pada Rabu 3 Juli 2024 mengatakan Presiden Joe Biden tidak mempertimbangkan untuk mundur dari pencalonan untuk pemilihan presiden 2024. Seruan agar Biden mundur itu, muncul setelah ia tampil buruk selama debat pada minggu lalu. 

Alasan DPR Didesak Buat Pansus Penyelenggaraan Haji

"Sama sekali tidak," kata juru bicara Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, kepada wartawan ketika ditanya apakah Biden mempertimbangkan untuk mengundurkan diri.

"Dan Anda juga sudah mendengar langsung dari tim kampanye," ujar jubir.

Dorong Revolusi Penyelenggaraan Haji, Cak Imin Beberkan Sejumlah Masalah Krusial

Juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam konferensi pers

Photo :
  • AP Photo/Susan Walsh

Ketika ditanya apakah ada diskusi menyangkut kemungkinan Biden mengundurkan diri jika dia menangguhkan rangkaian kampanyenya, Jean-Pierre menjawab, "Sama sekali tidak."

Fadli Zon: Delegasi CEIRPP Apresiasi Perjuangan Indonesia untuk Palestina

Jubir mengatakan bahwa Biden dalam beberapa hari terakhir "telah menjalin kontak dengan" Pemimpin Partai Demokrat di DPR Hakeem Jeffries, Pemimpin Senat Mayoritas Chuck Schumer, serta anggota DPR Jim Clyburn.

Selain itu, kata Jean-Pierre, Biden juga sudah bertemu mantan ketua DPR Nancy Pelosi dan Senator Chris Coons.

Selasa malam 2 Juli 2024 saat memberikan sambutan pada acara penggalangan dana, Biden dilaporkan menyebut jet lag (mabuk pascaterbang) serta terlalu banyak bepergian sebagai penyebab dirinya tampil buruk saat debat. 

Sebagian kalangan menganggap penampilan Biden itu mengecewakan.  

Para wartawan mendesak Jean-Pierre dengan pertanyaan seputar kejadian tersebut. Salah satunya menanyakan apakah Biden benar-benar membutuhkan lebih dari satu setengah minggu untuk pulih dari perjalanan yang ia tempuh.

Dengan mengutip pernyataan Biden, Jean-Pierre mengatakan "debat tersebut bukanlah malam terbaik beliau" dan menambahkan bahwa pernyataan itu bukan merupakan penjelasan --bukan alasan.  

"Selain melakukan dua perjalanan utama itu, beliau saat itu terus menjalankan tugas kepresidenannya. Beliau bekerja lembur, juga mempersiapkan diri untuk mengikuti debat," kata Jean-Pierre.

"Dan yang terpenting, jelas ada jet lag. Beliau juga ketika itu masuk angin dan kalian semua dengar langsung saat debat, suaranya serak," kata jubir ketika menjawab pertanyaan wartawan.

Jean-Pierre mengatakan Biden "masih stabil dan terus bekerja bagi rakyat Amerika." 

Sementara itu, Biden dilaporkan berbicara pada pertemuan internal pada Rabu dan pada kesempatan itu dia menyatakan akan tetap bersaing "sampai akhir," menurut New York Times.

"Kita akan menang karena, ketika Partai Demokrat bersatu, kita akan selalu menang," kata Biden seperti dilaporkan surat kabar tersebut dengan mengutip dua orang yang ikut serta dalam pembicaraan tersebut.

"Sama seperti kita mengalahkan Donald Trump pada tahun 2020, kita akan mengalahkannya lagi pada tahun 2024," kata Biden.

Donald Trump dan Joe Biden di acara debat kandidat capres AS 2024

Photo :
  • AP Photo/Gerald Herbert

Biden menghadapi tekanan yang  semakin besar untuk mengundurkan diri dari pencalonan pilpres, menyusul kinerja buruk dalam debat melawan mantan presiden Donald Trump. Beberapa anggota Partai Demokrat yakin pencalonan Biden akan merugikan peluang partai tersebut dalam pemilu November.

Jajak pendapat baru dari Times dan Siena College mengungkapkan bahwa Trump telah memperluas keunggulannya dalam persaingan. Hasil tersebut menunjukkan Trump mengungguli Biden di antara para calon pemilih, dengan mencatatkan 49 persen berbanding 43 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya