Paus Fransiskus Bakal Kunjungi Indonesia Bulan September, Ini Sederet Agendanya

Paus Fransiskus (Doc: Media Vatikan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta – Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus akan mengunjungi Jakarta, Indonesia, pada 3-6 September 2024 mendatang. Lawatan Paus merupakan rangkaian perjalanannya ke Asia Pasifik.

Pertarungan antara Tokoh PDIP dan Kaesang di Pilkada Jateng Sengit, Menurut Pengamat

Paus Fransiskus dijadwalkan akan melakukan sejumlah agenda utama selama berada di Jakarta, salah satunya bertemu dengan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka.

"Direncanakan Paus Fransiskus akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo dan melakukan pertemuan di Istana Merdeka," menurut pernyataan resmi Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) selaku Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus, dikutip pada Rabu, 3 Juli 2024.

SYL Ungkap Alasan Minta Jokowi-JK Jadi Saksi Meringankan di Sidang Korupsi

Kesehatan Paus Fransiskus kembali menurun

Photo :
  • The Guardian

Kepala Negara Vatikan itu juga dikonfirmasi akan melakukan pertemuan dengan para rohaniwan di Gereja Katedral, dan melakukan pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal serta melaksanakan Misa Akbar di Gelora Bung Karno (GBK).

Jokowi Harap Pompanisasi di Sulsel Cegah Kekeringan

"Agenda maupun program selama perjalanan apostolik Paus dalam rentang kunjungan tersebut masih dipersiapkan dan menunggu diumumkan resmi oleh Vatikan, sehingga secara rinci belum diumumkan ke publik," lanjut pernyataan itu.

KWI pun mengimbau agar masyarakat hanya mengikuti informasi yang dikeluarkan oleh panitia resmi, termasuk bagi umat Katolik yang ingin mengikuti Perayaan Ekaristi di GBK.

"Diharapkan masyarakat utamanya umat Katolik dapat cermat dan melakukan konfirmasi ke jalur komunikasi keuskupan masing-masing."

Paus Fransiskus

Photo :

Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus juga menyatakan tidak memproduksi merchandise atau cendera mata resmi.

Sebagai informasi, Indonesia akan menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus dalam rangkaian perjalanannya. Paus diperkirakan tiba di Jakarta pada 3 September dan menyelesaikan kunjungannya pada tanggal 6 September.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya