Dokter Palestina Blak-blakan Mengaku Disiksa "Seolah-olah Benda Mati" di Penjara Israel

Direktur Kompleks Medis Al-Shifa, Dr. Mohammed Abu Salmiya (Doc: MEMO)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Gaza – Direktur Kompleks Medis Al-Shifa di Kota Gaza, Dr. Mohammad Abu Salmiya, mengungkapkan pada hari Senin, 1 Juli 2024, bahwa meskipun diadili tiga kali selama lebih dari tujuh bulan penahanannya, Israel tidak pernah menuduhnya melakukan kejahatan apa pun.

DPR Nilai Rekrutmen Dokter Prioritas di Samping Turunkan Harga Alkes dan Obat

Dalam konferensi pers yang diadakan di Kompleks Medis Nasser di Khan Yunis, Gaza selatan, hanya beberapa jam setelah pembebasannya, Abu Salmiya mengatakan, “Tahanan di penjara-penjara Israel menanggung berbagai jenis penyiksaan. Tentara memperlakukan mereka seolah-olah mereka adalah benda mati, dan dokter Israel menyerang kami secara fisik.”

“Layanan Penjara Israel tidak pernah mengajukan tuntutan yang jelas terhadap saya, meskipun ada tiga kali persidangan,” tambahnya, dikutip dari Middle East Monitor, Selasa, 2 Juli 2024.

Kejam! Israel Buang Limbah ke Aliran Air yang Digunakan Warga Palestina untuk Minum

Serangan di Gaza Palestina

Photo :
  • istimewa

Dia menjelaskan bahwa bersama dengan tahanan lainnya, dia menghadapi penyiksaan berat dan penyerangan hampir setiap hari di dalam penjara dan tidak menerima perawatan medis.

Kurir Sabu-sabu 72 Kg yang Ditangkap di Tangerang Ternyata Baru Keluar Penjara

Mengekspresikan keterkejutannya atas klaim ketidaktahuan pejabat pemerintah Israel tentang pembebasannya, Abu Salmiya menekankan bahwa pembebasannya dilakukan melalui jalur resmi.

“Tidak ada organisasi internasional yang mengunjungi kami di penjara Israel, dan kami dilarang bertemu pengacara mana pun. Banyak tahanan yang masih tertinggal dalam kondisi kesehatan dan psikologis yang sangat buruk,” lanjut Abu Salmiya.

Abu Salmiya ditangkap pada 23 November 2023, bersama dengan beberapa staf medis saat melakukan perjalanan melalui Jalan Salah Al-Din dari Kota Gaza ke wilayah selatan Jalur Gaza setelah militer Israel menyerang Rumah Sakit Al-Shifa.

VIVA Militer: Tentara Israel menyerbu Jalur Gaza, Palestina

Photo :
  • timesofisrael.com

Pada Senin pagi, Israel membebaskan sekitar 54 warga Palestina, termasuk dokter yang ditahan dari Kompleks Medis Al-Shifa dan rumah sakit lain di Gaza selama operasi militer terpisah selama beberapa bulan terakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya