Cuaca Panas Ekstrem, UEA Minta Khatib Salat Jumat Tidak Khutbah Terlalu Lama

Pemandangan Dubai dari lantai 124 di gedung Burj Khalifa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Umi Kalsum

Abu Dhabi – Uni Emirat Arab (UAE) telah menginstruksikan para khatib masjid di seluruh negeri untuk membatasi durasi khutbah dan salat Jumat. Nantinya, UEA akan membatasi maksimal 10 menit khutbah karena panas terik terus melanda wilayah tersebut, menurut kantor berita negara itu, pada Kamis, 27 Juni 2024.

India Alami Lonjakan Korban Tewas Akibat Cuaca Panas

"Arahan tersebut, yang dikeluarkan oleh Otoritas Umum UEA untuk Urusan Islam, Wakaf, Zakat (AWQAF), akan berlaku pada hari Jumat dan berlangsung hingga awal Oktober," menurut badan WAM.

Pemandangan Dubai dari lantai 124 di gedung Burj Khalifa

Photo :
  • VIVA.co.id/Umi Kalsum
Kepala BMKG: Suhu Permukaan Bumi Naik Cepat, Berdampak Buruk pada Kehidupan Manusia

Keputusan itu diambil untuk menjamin keselamatan jamaah dan memenuhi kebutuhan mereka yang mengunjungi rumah Tuhan, terutama selama bulan-bulan musim panas, dan ketika suhu sedang tinggi.

Melansir dari Middle East Monitor, Jumat, 28 Juni 2024, menurut Pusat Meteorologi Nasional UEA, suhu musim panas di negara Teluk seringkali melebihi 40 hingga 50 derajat Celsius.

Tindak Tegas Pelaku Judi Online, Indonesia Perlu Belajar dengan 3 Negara Ini!

Selain itu, hal serupa juga terjadi di Arab Saudi.

Pada ibadah haji tahunan, 1.301 orang meninggal, 83 persen di antaranya adalah jamaah haji yang tidak terdaftar, dan terkena sinar matahari langsung tanpa tempat berlindung atau kenyamanan yang memadai, menurut Menteri Kesehatan Arab Saudi awal pekan ini.

Ilustrasi Jemaah Haji

Jemaah Haji yang Tewas di Arab Saudi Naik Jadi 1.301 Orang, Paling Banyak dari Mesir

Menteri Kesehatan Arab Saudi, Fahad Al-Jalajel, pada Minggu, 23 Juni 2024, menyebut jemaah Haji yang Tewas di Arab Saudi Meningkat Jadi 1.301 Orang yang mencakup lansia.

img_title
VIVA.co.id
24 Juni 2024