Debat Capres AS 2024 Biden dan Trump Dinilai Bersejarah, Kenapa?

Donald Trump dan Joe Biden
Sumber :
  • Detroit Free Press

Washington – Ketika Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden dan mantan Presiden, Donald Trump bertemu satu sama lain di atas panggung debat, di Atlanta, pada Kamis malam, 27 Juni 2024, peristiwa tersebut akan menjadi sejarah dalam beberapa hal.

Debat Capres AS Digelar Hari Ini, Biden dan Trump Harus Menjawab 6 Pertanyaan Ini

Debat yang dipandu oleh CNN dan dimulai pada pukul 21.00, Waktu Bagian Timur, menandai debat presiden pertama antara presiden petahana dan mantan presiden.

VIVA Militer: Joe Biden dan Donald Trump

Photo :
  • salon.com
Armada Rusia Kuasai Mediterania, Kapal Selam Nuklir Amerika Mendadak Muncul

Ini juga merupakan pertama kalinya sejak tahun 1980-an sebuah organisasi selain Komisi Debat Presiden mensponsori debat pemilihan umum presiden, dan merupakan debat pemilihan umum presiden yang paling awal dalam sejarah modern.

Selain itu, Debat Capres AS ini juga menampilkan dua kandidat utama tertua dalam pemilihan presiden.

15 Ribu Orang Kaya Tinggalkan Tiongkok Sepanjang 2024

Melansir dari US News, Jumat, 28 Juni 2024, meski demikian, jajak pendapat menunjukkan Biden memasuki debat dengan sedikit keunggulan secara nasional.

Menurut jajak pendapat Fox News yang dilakukan pada pertengahan bulan Juni, menunjukkan bahwa Presiden Biden unggul 50 persen hingga 48 persen atas Trump dalam pertarungan head-to-head. Hanya selisih 3 poin sejak bulan Mei dan unggul dalam margin kesalahan jajak pendapat.

Namun, nasib salah satu kandidat bisa berubah berdasarkan penampilan mereka malam ini, karena banyak warga AS yang berencana untuk menontonnya.

Menurut jajak pendapat AP-NORC baru-baru ini, 64 persen orang yang disurvei mengatakan bahwa mereka kemungkinan besar akan menonton setidaknya sebagian dari debat tersebut secara langsung.

Kalangan partai independen cenderung tidak mengikuti liputan debat (41 persen) dibandingkan rekan-rekan mereka dari Partai Republik yang memilih menyaksikan debat (63 persen) dan Demokrat (60 persen).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya