Delegasi Jepang Adakan Pertemuan dengan BNPT, Ini yang Dibahas

Kepala BNPT Komjen. Pol. Rycko Amelza Dahniel (Doc: BNPT)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Bogor – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memperkenalkan program deradikalisasi pada delegasi Jepang. Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNPT Komjen. Pol. Rycko Amelza Dahniel, menjelaskan pendekatan pelatihan kerja yang menjadi program penting deradikalisasi.

Kepala BNPT Ungkap Fakta Mengejutkan Modus Baru Pengumpulan Dana Kelompok Teroris

"Kami memiliki program deradikalisasi, di mana salah satu pendekatannya adalah pelatihan kerja. Kami memberikan pelatihan keterampilan bagi mitra deradikalisasi sebelum mereka kembali ke masyarakat," jelasnya saat menerima kunjungan Delegasi Jepang di Kantor Pusat BNPT Sentul, pada Rabu, 26 Juni 2024.

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

Photo :
  • Dok. Istimewa
Jadwal Timnas Indonesia di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Langsung Ditantang Arab Saudi

Dirinya pun mengapresiasi Delegasi Jepang yang melakukan kunjungan kerja ke BNPT. Menurutnya, kegiatan ini merupakan upaya penguatan kerja sama antara kedua negara. 

"Kami sangat mengapresiasi kunjungan ini sebagai salah satu upaya penguatan kerja sama kedua negara untuk saling berbagi pengalaman dan praktik baik dalam penanggulangan terorisme dalam hal ini melalui program deradikalisasi," jelasnya.

Timnas Indonesia Segrup dengan Australia, Erick Thohir Beri Pesan ke Legenda Socceroos Tim Cahill

Sementara itu, Pimpinan Delegasi Jepang juga turut mengapresiasi BNPT tentang ilmu dan program deradikalisasi yang dibagikan.

Pihaknya juga merasa bangga bisa berkolaborasi dengan BNPT sebagai organisasi yang kuat dalam penanggulangan terorisme di Indonesia. 

Sebagai informasi, hubungan kerja sama Indonesia dan Jepang terjalin dengan baik sejak tahun 2015. Kedua pihak kerap melakukan sejumlah pertemuan, saling kunjung dan bertukar informasi, serta Jepang rutin mengundang delegasi BNPT dalam program pelatihan/ workshop.

Program deradikalisasi bertujuan untuk mendekonstruksi ideologi atau pemahaman terkait radikalisme dan secara sistematis mengubah keyakinan tersebut.

Ilustrasi-Penanganan teroris di Indonesia oleh BNPT

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Program deradikalisasi bertujuan untuk mendekonstruksi ideologi atau pemahaman terkait radikalisme dan secara sistematis mengubah keyakinan tersebut.

Deradikalisasi dilaksanakan secara berkesinambungan dari deradikalisasi dalam lapas, deradikalisasi dalam lapas khusus teroris, hingga deradikalisasi luar lapas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya