Syekh Abdul Wahab, Sosok Pemegang Kunci Ka'bah Selanjutnya

Upacara adat penyerahan kunci Ka'bah Suci kepada penjaga ke-78 Abdul Wahhab bin Zain Al Abidin Al-Shaibi digelar di Makkah (Doc: Saudi Gazette)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Riyadh – Upacara penyerahan kunci Ka'bah telah digelar di Makkah, pada Senin, 24 Juni 2024. Syekh Abdul Rahman bin Saleh Al-Shaibi, pemegang kunci Ka'bah sebelumnya, secara resmi menyerahkan kunci tersebut kepada Syekh Abdul Wahhab bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi, pengurus Ka'bah ke-78.

Top Trending: Jembatan Ala Ninja Warrior di Jakarta, Ular Kobra di Celana Dalam

Syekh Abdul Wahab, anggota tertua keluarga Al-Shaiba, ditunjuk sebagai penerus Syekh Saleh Al-Shaibi, penjaga senior Ka'bah yang meninggal pada Jumat lalu, 21 Juni 2024.

Dr. Saleh bin Zain Al -Abidin Al-Shaibi,

Photo :
  • Instagram
Pemegang Kunci Ka'bah ke-77 Wafat di Mekkah, Sosoknya Mengabdikan Hidupnya untuk Keluarga

Ini merupakan kebiasaan untuk menyerahkan kunci Ka'bah dan Maqam Ibrahim kepada anggota tertua keluarga Al-Shaiba.

"Semoga Allah memberi saya kesuksesan dalam menjalankan tugas ini di bawah pemerintahan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota serta Perdana Menteri Mohammed bin Salman," kata Syekh Abdul-Wahhab, dikutip dari Saudi Gazette, Rabu, 26 Juni 2024.

Pasangan Suami Istri Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal Dunia di Arab Saudi

Syekh Abdul-Wahhab akan membuka Ka'bah untuk memfasilitasi upacara pencucian tahunan pada 15 Muharram 1446.

Pengurus Ka'bah (sadin) adalah satu-satunya orang yang memegang kunci Ka'bah, dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berkaitan dengan urusan Rumah Allah, termasuk mengganti kiswah (penutupnya), mencucinya, mengharumkannya, membuka dan menutupnya.

Sejak zaman Nabi Muhammad (saw), keluarga Bani Shaiba telah dipercayakan tugas menjaga Ka'bah, memegang kuncinya, dan mengurus urusannya.

Keluarga Shaiba terus menghormati tradisi Nabi (SAW) dengan mewariskan jabatan penjaga (sadin) Ka'bah kepada anggota tertuanya.

Ketika Nabi (SAW) memasuki Ka'bah setelah menaklukkan Mekkah, dia menghancurkan semua berhala yang ada di dalamnya, mencucinya, menutup pintu gerbangnya dan kemudian memanggil Utsman Bin Talha dari keluarga Bani Shaiba dan memberinya kunci sambil berkata, “Kunci-kunci ini akan tetap bersama kamu sampai hari kiamat. Tidak ada seorang pun yang dapat mengambilnya darimu kecuali seorang penindas.”

Keluarga Al-Shaiba telah menjadi penjaga Ka'bah sejak saat itu sesuai keinginan Allah dengan mengungkapkan satu-satunya ayat yang diturunkan di dalam Ka'bah.

Potret terbaru dalam Kabah

Photo :
  • Twitter.com/@haramainaarchive

Saleh Al-Shaibi, seorang ulama, akademisi, dan penulis hebat, menjabat sebagai penjaga senior Ka'bah selama lebih dari satu dekade.

Ia menjabat sebagai pemegang kunci Ka'bah ke-77 setelah kematian pamannya Syekh Abdul Qadir Al-Shaibi pada Oktober 2014 dan tetap dalam posisi itu hingga kematiannya.

Al-Shaibi adalah penjaga senior ke-10 di era Saudi modern, dan dia beberapa kali menemani Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman ketika Raja memimpin upacara pencucian Ka'bah.

Syekh Saleh Al-Shaibi digantikan oleh Syekh Abdul Wahhab Al-Shaibi, anggota tertua keluarga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya