Pemerintah Kanada Minta Warganya Tinggalkan Lebanon saat Konflik Israel-Hizbullah Makin Mendidih

Serangan udara Israel di dekat kota Baalbek di Lebanon timur pada hari Senin
Sumber :
  • AP Photo

Ottawa – Pemerintah Kanada pada hari Selasa, 25 Juni 2024, mengulangi seruan bagi warganya untuk meninggalkan Lebanon selagi bisa. Situasi keamanan di negara itu menjadi semakin tidak stabil dan tidak dapat diprediksi, karena konflik antara Israel dan Hizbullah yang semakin mendidih.

Petinggi Iran Adakan Rapat Darurat Setelah Pemimpin Hizbullah Tewas

“Pesan saya kepada warga Kanada sudah jelas sejak awal krisis di Timur Tengah: ini bukan waktunya untuk melakukan perjalanan ke Lebanon," kata Menteri Luar Negeri, Melanie Joly, dalam sebuah pernyataan.

"Dan bagi warga Kanada yang saat ini berada di Lebanon, inilah saatnya untuk pergi, selagi penerbangan komersial tetap tersedia,” sambung Joly, dikutip dari Asharq Al-Awsat, Rabu, 26 Juni 2024.

Israel Ungkap Detik-detik Kematian Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah

Sebagai informasi, ketegangan berkobar di sepanjang perbatasan antara Lebanon dan Israel di tengah baku tembak antara pasukan Israel dan Hizbullah. Ini merupakan bentrokan paling mematikan sejak kedua belah pihak terlibat perang skala penuh pada tahun 2006.

Ketegangan perbatasan terjadi di tengah serangan militer Israel di Jalur Gaza yang telah menewaskan lebih dari 36.800 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, sejak Oktober.

Hizbullah Konfirmasi Kematian Pemimpin Hassan Nasrallah

Selain itu, menurut laporan Al Jazeera, para analis mengatakan Israel mengancam perang habis-habisan melawan Hizbullah, yang bisa menjadi bencana bagi kedua negara.

Israel gempur markas Hizbullah di Beirut, Lebanon

Jenderal Iran Ikut Tewas Bersama Pemimpin Hizbullah dalam Serangan Udara Israel di Beirut

Seorang jenderal terkemuka di Korps Garda Revolusi Iran tewas dalam serangan udara Israel yang menewaskan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah di Beirut,

img_title
VIVA.co.id
29 September 2024