Disuruh AS, Brasil Usir Agen Hamas yang Masuk Negaranya

VIVA Militer: Pasukan Hamas Palestina
Sumber :
  • ft.com

Brasilia Brasil mendeportasi seorang pria Palestina dan keluarganya, setelah polisi federal Brasil diberitahu oleh Amerika Serikat bahwa seorang agen Hamas sedang melakukan perjalanan ke negara tersebut, kata pihak berwenang Brasil, pada hari Senin, 24 Juni 2024.

Israel Dapat Bantuan Militer dari AS Senilai Rp 131,5 Triliun, Ini Rinciannya

Muslim Abuumar bersama istrinya yang sedang hamil, putra dan ibu mertuanya, ditahan pada hari Jumat, 21 Juni 2024, saat memasuki negara itu di bandara Guarulhos Sao Paulo. 

Ilustrasi Hamas di Berlin

Photo :
  • The Telegraph
Amerika Bongkar Tenggelamnya Kapal Selam Nuklir China

Dia diterbangkan kembali menggunakan Qatar Airways untuk kembali ke Doha dua hari kemudian, menurut sumber polisi.

“Permintaan itu datang dari Departemen Luar Negeri AS,” kata seorang perwira senior polisi federal.

Tolak Proposal Gencatan Senjata, Netanyahu Serukan Perang Total dengan Lebanon

"Terbukti di hadapan hakim bahwa (Abuumar) sangat terlibat dengan Hamas,” ujarnya, dikutip dari The Sundaily, Rabu, 26 Juni 2024.

Sebelumnya, seorang hakim federal di Sao Paulo meminta informasi dari polisi, yang kemudian mengarahkannya untuk menyetujui deportasi Abuumar dan keluarganya.

Hakim Milenna da Cunha, dalam keputusannya mengatakan polisi federal Brasil menerima peringatan melalui kedutaan AS bahwa seorang agen Hamas, Muslim Abuumar akan tiba di Brasil dari Kuala Lumpur.

Menurut perintah yang diajukan oleh pengacara Abuumar, Bruno Henrique de Moura, keluarga Palestina tersebut ditahan oleh polisi saat masuk di bandara Guarulhos tanpa surat perintah. Dikatakan bahwa mereka datang mengunjungi saudaranya yang tinggal di Brazil.

Namun, sumber kepolisian Brasil mengatakan Abuumar datang bukan untuk berkunjung melainkan untuk tinggal di Brasil dan menjadi juru bicara Hamas.

Sumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan banyaknya barang bawaan yang dibawanya bersama keluarganya, yang menunjukkan dia berencana untuk tinggal lebih lama.

Abuumar, adalah direktur eksekutif Asia Middle East Center, dan istrinya adalah warga Malaysia, serta anak-anaknya lahir di Malaysia, kata perintah yang diajukan oleh pengacaranya.

Sumber kepolisian mengatakan Abuumar pertama kali terbang ke Brasil tahun lalu dan tiba pada 1 Januari, hari ketika Presiden sayap kiri Luiz Inacio Lula da Silva dilantik untuk masa jabatan baru.

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva

Photo :
  • AP Photo/Eraldo Peres

Duta Besar Palestina di Brasilia, Ibrahim Al Zeben, mengatakan tidak ada yang secara resmi menghubungi kedutaan mengenai Abuumar. “Kami percaya pada kebijakan Brasil,” katanya.

Moura mengatakan polisi Brazil hanya menyetujui permintaan AS yang bermotif politik dan berdasarkan nama Abuumar yang muncul dalam daftar pengawasan teroris pemerintah AS.

“Amerika Serikat menggunakan daftar ini untuk mempersulit aktivis pro-Palestina,” tutup Moura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya